GLEMBA 4 SBM ITB Memperluas Wawasan Kedirgantaraan di PSTA LAPAN
By Tim Diseminasi PSTA, 07 Apr 2017

Bandung – PSTA. Jum’at (07/04/2017), sebanyak 12 mahasiswa Pascasarjana dari program Global Executive Master of Business Administration (GLEMBA) angkatan 4, School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) mengunjungi PSTA LAPAN untuk menambah wawasan terkait kedirgantaraan juga sains dan teknologi atmosfer.

Sebagaimana kunjungan pada biasanya, Penjelasan terkait profil LAPAN, kompetensi utama LAPAN, tugas dan fungsi tiap-tiap satuan kerja LAPAN, juga produk-produk yang dikembangkan LAPAN disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi PSTA, Adi Witono. Dijelaskan bahwa LAPAN memiliki 4 kompetensi utama, yaitu Sains Antariksa dan Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, dan Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa.

Disampaikan pula LAPAN memiliki beberapa pusat penelitian dan balai berdasarkan 4 kompetensi utama tadi, yang tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai fokus penelitian, laboratorium serta produk-produknya yang berbeda beda. Adanya penjelasan tersebut memberikan wawasan yang baru kepada para mahasiswa GLEMBA 4.

Materi terkait Sains dan Teknologi Atmosfer disampaikan berupa gambaran umum hingga khusus terkait Sains Atmosfer, mulai dari sejarah bumi, lapisan-lapisan atmosfer, hubungan atmosfer dengan bumi, hingga berbagai dampak lingkungan atmosfer yang mempengaruhi cuaca dan iklim di bumi, seperti banjir, longsor, puting beliung, kebakaran hutan, dan lain sebagainya.

Diperkenalkan pula produk-produk PSTA berupa sistem pendukung keputusan (Decision Support System, DSS) yang terdiri dari Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA), Sistem Embaran Maritim (SEMAR), Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia (SRIKANDI) dan Sistem Pemantauan Hujan (SANTANU), yang dapat diakses dengan mudah melalui internet, untuk pemantauan kondisi atmosfer-bumi di wilayah Indonesia.

Penjelasan lebih lanjut terkait DSS PSTA LAPAN dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang pengamatan Teknologi Atmosfer, Atmospheric Science and Technology Information System (ASTINA) yang dipandu oleh Farid Lasmono dari Diseminasi PSTA. Selain DSS, mahasiswa GLEMBA 4 juga diperkenalkan dengan beberapa produk dalam ASTINA, diantaranya ARJUNA (Atmospheric Journey Arcade), NAKULA (Narasi Kompetensi Utama LAPAN – PSTA), BIMA (Bimbingan Interaktif Model Atmosfer), dan YUDISTYRA (Yearn to Understand Issues In Science and Technology Research of The Atmosphere).

Yang menarik dari kunjungan mahasiswa GLEMBA 4 ini berbeda dengan kunjungan mahasiswa S1 juga siswa sekolah biasanya. Diskusi antara mahasiswa GLEMBA 4 dan pihak PSTA LAPAN berjalan dengan sangat aktif, interaktif dan terbuka pada setiap materi yang dipresentasikan, karena mengaitkannya dengan fenomena nyata di lapangan. Sehingga membuka wawasan serta pemahaman yang positif terkait kedirgantaraan juga sains dan teknologi atmosfer baik untuk pihak GLEMBA 4 juga PSTA.

(Diseminasi PSTA LAPAN Bandung/SR)