Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Serius Kelola PR
Penulis Berita : • Fotografer : • 28 Oct 2020 • Dibaca : 171 x ,

PSTA-LAPAN, Bandung - Instruktur Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer-LAPAN, Erma Yulihastin mengatakan Press Release atau PR sangat penting bagi suatu lembaga atau sebagai individu yang berkecimpung di lembaga riset dan pendidikan. Hal ini disampaikan Erma pada Focus Group Discussion Sains Atmosfer seputar Teknologi, Lingkungan, dan Iklim Terkini Seri 8 (SATELIT#8).

Erma menjelaskan, PR mengangkat suatu konten yang perlu diketahui oleh publik, menunjukkan kinerja atau kompetensi lembaga kepada publik, serta menunjukkan kompetensi peneliti atau pakar yang bersangkutan kepada publik. Menurutnya, betapa efektifnya suatu PR karena bertujuan dan bermanfaat merangkul ketiga hal itu. "kita harus seriusin ketiga hal ini" tegas Erma dalam FGD SATELIT#8 bertajuk One Day Workshop Menulis Press Release, Selasa (27/10).

Menyentuh semua kalangan, Erma menerangkan, informasi yang disampaikan dalam PR harus dibuat ringkas, padat, to the point, dan bunyi-bobot yang sudah pasti. "Bedakan dengan karya tulis ilmiah karena komunitasnya jelas, PR menyentuh semua kalangan masyarakat". jelasnya lewat paparan media virtual.

Informasi yang berkaitan dengan saintifik atau ilmiah akan lebih mudah dengan menggunakan lead ringkasan karena menjelaskan inti persoalan yang akan disampaikan. Lead deskriptif membantu pembaca untuk menggambarkan suatu kejadian secara rinci.

Erma mengajak para peserta workshop, membuat berita bukan menurut penulis tetapi menunjukkan keadaan yang sebenarnya "menulis yang baik itu show it bukan tell it dan kekuatan tulisan ada pada apa yang dia baca", ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Diseminasi PSTA-LAPAN, Lilik Slamet Supriatin, hadir membuka acara FGD SATELIT#8. Menurut Lilik bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas bidang diseminasi dan rangkaian kegiatan FGD SATELIT di PSTA-LAPAN yang akan digelar hingga seri 15. "One Day Workshop Menulis Press Release sangat penting guna memberi informasi kepada publik dengan menjelaskan, mencerdaskan dan mengingatkan suatu hal untuk publik" paparnya.

 FGD SATELIT#8 dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan tayang pada kanal youtube PSTA LAPAN. Dipandu oleh Christine Cecylia Munthe sebagai pembawa acara, kegiatan dihadiri 50 peserta yang antusias menyimak paparan dan pelatihan menulis PR yang dipandu para co-host baik kelompok maupun individu. Pelaksanaan acara selesai hinga pukul 18.00 WIB.

Humas:emge

Photo:Cece








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL