Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


RISET DAN PENGEMBANGAN DSS DINAMIKA ATMOSFER EKUATOR
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Oct 2020 • Dibaca : 236 x ,

Garut (8/10)-Pelaksanaan sosialisasi dan bimtek hasil penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer dilaksanakan di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) Garut. Kegiatan tersebut merupakan program Riset dan
Pengembangan DSS Dinamika Atmosfer Ekuator untuk Lingkungan Atmosfer dan Perubahan Iklim (INDERA-08).

Kegiatan dikemas model classroom terbatas 10 peserta, kelas zoom meeting dan live stream youtube channel LAPAN GARUT dihadiri 50 peserta dari berbagai satker seperti TNI AU, Syahbandar, Dinas Perikanan, Universitas Siliwangi, Universitas Garut, Kecamatan Cikelet, Kecamatan Pameungpeuk, dan Dinas Pertanian.

Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, hadirin kelas tatap muka diatur berjarak, menggunakan masker dan disediakan handsanitizer disamping protokol kesehatan lainnya

Koordinator BUTPAA LAPAN Garut, Unggul Satrio Yudhotomo, S.T., hadir membuka acara sekaligus mengenalkan BUTPAA LAPAN kepada para peserta.

Koordinator BUTPAA LAPAN Garut, Unggul Satrio Yudhotomo, S.T.,Pada Sosialisasi dan Bimtek hasil Litbangjirap PSTA (8/10)

"BUTPAA LAPAN Garut menyediakan dan memberikan informasi melalui layanan langsung maupun melalui media sosial. Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi layanan BUTPAA LAPAN kepada masyarakat. Sebagai balai uji, fasilitas-fasilitas yang ada di BUTPAA LAPAN mendukung terhadap penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) khususnya sains dan teknologi atmosfer seperti radar dan Automatic Weather Station (AWS)". Papar Unggul.

Peneliti PSTA-LAPAN, Dr. Noersomadi menyampaikan paparan Hasil Litbangjirap Sains dan Teknologi Atmosfer secara umum. Dikenalkan dalam paparannya tentang Satellite-based Disaster Early Warning System-SADEWA dan Sistem Informasi Perubahan Iklim Indonesia-SRIRAMA. Noersomadi menjelaskan pula tentang pengamatan vertikal atmosfer mulai dari ide awal, kebutuhan, sejarah, hingga pentingnya pengamatan tersebut dilaksanakan.

Peneliti PSTA-LAPAN, Dr. Noersomadi saat menjelasakan pengamatan vertical atmosfer pada Sosialisasi dan Bimtek hasil Litbangjirap PSTA (8/10)

Peneliti PSTA-LAPAN, Risyanto, S.Si., M.Sc. memaparkan tentang pemanfaatan data Satelit Himawari-8 dan pengenalan DSS SADEWA. Secara rinci Risyanto menyampaikan metode pengukuran, remote sensing, hingga pentingnya data satelit serta kekurangan dan kelebihan pemanfaatan satelit. "SADEWA merupakan sistem informasi peringatan dini bencana terkait kondisi atmosfer ekstrem yang didukung satelit penginderaan jauh dan model dinamika atmosfer". Tegas Risyanto.

Perekayasa PSTA-LAPAN, Edy Maryadi, ST., memaparkan Sistem Informasi Perubahan Iklim Indonesia (SRIRAMA). "SRIRAMA merupakan sebuah sistem pendukung keputusan (baca:DSS) di bidang perubahan iklim. SRIRAMA memberikan informasi proyeksi perubahan iklim diseluruh wilayah Indonesia berbasis hasil simulasi skenario model iklim Cubik Conformal Atmospheric Model (CCAM). SRIRAMA dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembangunan diberbagai sektor yang membutuhkan informasi iklim jangka panjang seperti pengelolaan tata ruang, pertanian, kelautan dan perikanan, energi, lingkungan hidup dan kehutanan". Papar Edy.

Perekayasa PSTA-LAPAN, Edy Maryadi, ST. saat menjelaskan SRIRAMA pada Sosialisasi dan Bimtek hasil Litbangjirap PSTA (8/10)

Peneliti PSTA-LAPAN, Risyanto, S.Si., M.Sc. saat menjelaskan SADEWA pada Sosialisasi dan Bimtek hasil Litbangjirap PSTA (8/10)

Pada sesi kedua, para peserta diajak interaktif dalam pengoperasian SADEWA dan SRIRAMA melalui PC dan android sekaligus berdiskusi seputar permasalahan-permasalahan teknis lainnya.

Pada hari kedua (9/10) tim kelompok penelitian perubahan iklim PSTA-LAPAN melaksanakan survey lapangan terhadap kondisi dari keberadaan peralatan penelitian PSTA yang ditempatkan di BUTPAA Garut. Terdapat beberapa catatan yang menjadi evaluasi dalam survey peralatan tersebut yang akan menjadi bahan pembahasan untuk tim perubahan iklim di PSTA-LAPAN.

Disamping survey peralatan, tim kelompok penelitian perubahan iklim juga melaksanakan survey lokasi untuk rencana penempatan peralatan penelitian selanjutnya. Menurut Dr. Noersomadi diketahui bahwa terdapat potensi-potensi layanan publik yang bisa dilakukan bersama BUTPAA Garut kedepannya terutama untuk edukasi sains dan teknologi atmosfer para mahasiswa dan pelajar serta para teknisi di litbang perubahan iklim.

Humas: emge

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL