Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA-LAPAN MENDUKUNG UPAYA PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN PERTANIAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Sep 2020 • Dibaca : 314 x ,

Bandung (8/9/2020) Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA)-LAPAN melaksanakan kegiatan perdana Focus Group Discussion Sains Atmosfer seputar Teknologi, Lingkungan, dan Iklim Terkini Seri 1 (SATELIT#1) dengan tema Menelisik Kebutuhan Prediksi Musim di Indonesia.

Pukul 13.00-15.40 WIB pelaksanaan FGD SATELIT#1 dilaksanakan melalui media virtual zoom meeting, dan dihadiri lebih dari 80 peserta. Acara dibuka oleh Kepala PSTA-LAPAN, Dr. Didi Satiadi, M.Sc. sekaligus menjadi pembicara tentang Produk DSS Berkaitan dengan Ketahanan Pangan.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Dr. Didi Satiadi, M.Sc. Pada FGD SATELIT#1 (8/9)

Dalam sambutannya, Didi Satiadi menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara agragris dengan populasi yang besar, ketahanan pangan merupakan isu yang penting dan strategis bagi Indonesia, informasi mengenai kondisi atmosfer dan prediksinya sangat penting untuk mendukung pengambilan keputusan kebijakan dan manajemen dalam pengelolaan kegiatan pertanian di Indonesia.

Dalam pemaparan materinya, Didi Satiadi menegaskan bahwa PSTA mendukung upaya pemerintah melalui kementerian terkait dalam pengelolaan kegiatan pertanian melalui penelitian dan pengembangan sistem pendukung keputusan (DSS) di bidang ketahanan pangan. Pada kesempatan tersebut, dikenalkan DSS Kajian awal musim wilayah Indonesia Jangka Madya (Kamajaya) yang merupakan sistem pendukung keputusan ketahanan pangan yang memberikan informasi pengamatan dan prediksi atmosfer (cuaca, awal musim, variabilitas iklim). “Awal musim dapat bergeser dalam jangka waktu satu hingga dua bulan, sehingga prediksi musim perlu dilakukan secara rutin setiap bulan agar pengguna mendapatkan informasi yang lebih akurat”. Jelas Didi Satiadi.

Hadir sebagai pembicara selanjutnya adalah Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan (BBSDLP) Kementerian Pertanian, Dr. Husnain dengan paparan tentang Kebutuhan Prediksi Musim dalam Mendukung Kalender Pertanian Terpadu (KATAM). Selanjutnya paparan Kebutuhan Prediksi Musim Untuk Pertanian di Kabupaten Lamongan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lamongan, Rudjito, SP.,MM.

 Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan (BBSDLP) Kementerian Pertanian, Dr. Husnain Pada FGD SATELIT#1 (8/9)

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lamongan, Rudjito, SP.,MM. Pada FGD SATELIT#1 (8/9)

Direktur Operasi PT. Garam, Hartono, ST. Pada FGD SATELIT#1 (8/9)

Peneliti PSTA-LAPAN, Haries Satyawardhana, M.Si. Pada FGD SATELIT#1 (8/9)

Direktur Operasi PT. Garam, Hartono, ST. menyampaikan paparan tentang Kebutuhan Prediksi Musim Untuk Industri Garam. Dan pembicara terakhir adalah Peneliti PSTA-LAPAN, Haries Satyawardhana, M.Si. dengan paparan Prediksi Musim Hujan di Indonesia Berdasarkan Model CCAM.

Dipandu oleh moderator, Dr. Erma Yulihastin sesi diskusi para pembicara dan peserta membahas permasalahan-permasalahan tentang kebutuhan prediksi musim, masa tanam, strategi pengendalian hama dan sebagainya.

Peserta pada Focus Group Discussion Sains Atmosfer seputar Teknologi, Lingkungan, dan Iklim Terkini Seri 1 (SATELIT#1) (8/9)

Humas: emge








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL