Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran di LAPAN Bandung
Penulis Berita : • Fotografer : • 24 Aug 2020 • Dibaca : 336 x ,

Bandung (24/08/2020) Pusat Sains Antariksa dan Pusat Sains Teknologi Atmosfer – LAPAN bersama dengan Yayasan Citra Priangan dan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Bandung, melaksanakan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran di LAPAN.

Bertempat di Ruang Matahari 1 LAPAN Bandung sebanyak 30 pegawai yang terdiri dari Satuan Pengamanan (SATPAM), Petugas Kebersihan, Teknisi, serta koordinator dan sub koordinator LAPAN Bandung mengikuti kegiatan pelatihan tersebut..

Koordinator Administrasi Pusat Sains Antariksa, Nurkhamdani, S.IP. menyampaikan sambutannya bahwa dalam rangka kegiatan pencegahan bencana kebakaran diperlukan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk pelaksanaannya, sehingga kegiatan pelatihan ini sangat penting.

Koordinator Administrasi Pusat Sains Antariksa, Nurkhamdani, S.IP.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung serta kepada Bapak/Ibu dari Yayasan Citra Priangan yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kita dari Pusat Sains Antariksa dan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Bandung sudah berencana melaksanakan kegiatan ini sejak bulan Maret 2020, namun karena Pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaanya baru dapat diselenggarakan hari ini dan hanya dapat diikuti oleh peserta dari Satuan Pengamanan dan Petugas Kebersihan.

Mudah-mudahan kedepannya seluruh pegawai LAPAN Bandung dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini. Petugas Keamanan dan Petugas Kebersihan selama masa pandemi Covid-19 tetap melaksanakan tugasnya. Para petugas tersebut menjadi ujung tombak dalam sisi keamanan terutama SATPAM dalam rangka menyelamatkan aset negara di lingkungan kantor LAPAN dari bahaya kebakaran. Berkenaan dengan bencana tentunya siapapun tidak menginginkan terjadi, namun untuk tindakan preventif-nya penguasaan ilmunya itu sangat penting. Dan selalu diingatkan untuk kita semua yang hadir dalam pelatihan ini agar tetap melaksanakan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19". lanjut Nurkhamdani.

Kepala Seksi Penyuluhan, Pembinaan dan Pelatihan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung pada Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran di LAPAN (24/08)

Kepala Seksi Penyuluhan, Pembinaan dan Pelatihan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, Iwa Kartiwa menegaskan bahwa penerapan protokol kesehatan di masa sekarang wajib dilaksanakan dimanapun, bagaimanapun dan kapanpun disamping selalu waspada dan siap siaga bilamana terjadi bahaya bencana kebakaran. “Apresiasi untuk dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, mudah-mudahan nanti akan disajikan oleh tim Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran yang harapannya semoga banyak bermanfaat bilamana terjadi suatu bencana kebakaran. Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 12 Tahun 2012 bahwa setiap warga kota Bandung dianjurkan memiliki APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sekurang-kurangnya tabung 3 Kg. Kami memiliki tugas yaitu Pencegahan, Penanggulangan dan Penyelamatan bahaya kebakaran”. Tegasnya.

Simulasi pemadaman kebakaran dengan APAR (24/08)

Selanjutnya para peserta pelatihan mendapat pemaparan materi dari tim Penyuluhan, Pembinaan dan Pelatihan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung mulai dari pengenalan sifat-sifat api dan system pemadaman, pengetahuan tentang APAS, APAR, dan Hydrant, Sistem proteksi kebakaran pada bangunan, dan Manajemen system pengamanan kebakaran (MSPK).

Setelah mendapat pengetahuan secara teori, para peserta dilibatkan secara aktif pada sesi praktek pemadaman menggunakan APAR dan APAS, pemadaman formasi regu, dan evakuasi bila terjadi bencana kebakaran dan evaluasi. Para peserta pelatihan antusias mengikuti setiap arahan para narasumber dalam praktek pemadaman api. Hal ini tentu didasari secara kesadaran penuh akan bahaya dari bencana kebakaran yang dapat merugikan baik jiwa maupun materi. Pada akhir kegiatan tim dari Penyuluhan, Pembinaan dan Pelatihan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung mengevaluasi secara umum APAR yang tersedia di lingkungan LAPAN Bandung serta memberikan pemahaman agar peralatan tersebut selalu dipelihara agar tetap berfungsi.

Humas: emge








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL