Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Coffee Morning PSTA-LAPAN: Semua Bergerak dengan Visi Bersama
Penulis Berita : • Fotografer : • 11 Jun 2020 • Dibaca : 438 x ,

Kamis, 11 Juni 2020 Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) menggelar acara Coffee Morning bersama seluruh pegawai melalui video conference. Acara tersebut diisi dengan kegiatan Sharing Vision PSTA 2020-2024, Sosialisasi WFO New Normal PSTA, dan apresiasi Djoko Trianas, A.Md. menjelang akhir masa bakti sebagai Pegawai Negeri Sipil Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kepala PSTA-LAPAN, Dr. Didi Satiadi hadir membuka acara tersebut sekaligus menjadi pembicara Sharing Vision PSTA 2020-2024.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Dr. Didi Satiadi (11/6)

"Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT bahwa pada pagi ini kita dapat bertemu dalam keadaan sehat untuk mengikuti coffee morning. Sedianya kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Maret, namun karena pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini baru dapat dilaksanakan hari ini.”

Selanjutnya Kepala PSTA-LAPAN menyampaikan paparan visi PSTA 2020-2024 yaitu Penggerak Sektor-Sektor Pembangunan Nasional Berbasis Sains dan Teknologi Atmosfer. Visi tersebut sebagai turunan dari visi LAPAN yaitu Penggerak Sektor-Sektor Pembangunan Nasional Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa dalam Mewujudkan Visi Misi Presiden dan Wakil Presiden: Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian, Berlandaskan Gotong Royong.

Misi PSTA adalah Penguatan Struktur Ekonomi yang Produktif, Mandiri dan Berdaya Saing melalui Pemanfaatan Sains dan Teknologi Atmosfer dalam Pembangunan Nasional. "Potensi kontribusi PSTA kepada pembangunan nasional sangat besar, dalam model logika Balance Score Card yang menggambarkan sebab akibat, pelaksanaan sasaran strategis akan mewujudkan pencapaian visi dan misi PSTA", Tegas Didi Satiadi.

Kegiatan PSTA dilaksanakan melalui 4 (empat) pendekatan peta strategis Balance Score Card, mulai dari pendekatan learn and growth yaitu Terselenggaranya Reformasi Birokrasi PSTA menuju birokrasi kelas dunia, kemudian pendekatan internal process berkenaan dengan meningkatnya keunggulan litbangyasa sains dan teknologi atmosfer sesuai prioritas nasional, terwujudnya produk dan layanan sains dan teknologi atmosfer sesuai kebutuhan, dan terbangunnya hubungan baik dengan pengguna layanan sains dan teknologi atmosfer. Selanjutnya dengan pendekatan pengguna (customer) yaitu meningkatnya kepuasan pengguna terhadap produk dan layanan di bidang sains dan teknologi atmosfer. Dan terakhir adalah pendekatan pemangku kepentingan (stakeholder) yaitu meningkatnya pemanfaatan produk sains dan teknologi atmosfer untuk pembangunan nasional. Keempat pendekatan harus dilaksanakan dengan berimbang, mulai dari proses di bawahnya hingga pada saat memberi layanan.

Pada akhir paparannya, Didi Satiadi menyampaikan bahwa inisiatif strategis sangat penting untuk meningkatkan PSTA menjadi lebih baik lagi.

Pada sesi Sosialisasi WFO New Normal PSTA, Koordinator Administrasi, Sudirman, SH., MAP. menyampaikan bahwa upaya agar lembaga tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya, berarti membuka kembali aktivitas sosial dan kegiatan publik secara terbatas. Protokol kesehatan ditetapkan dengan kesadaran penuh bahwa Covid-19 masih ada disekitar, sehingga pemberlakuan New Normal di PSTA-LAPAN agar pegawai beradaptasi secara produktif dan aman dari bahaya Covid-19 dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Koordinator Administrasi PSTA, Sudirman, SH., MAP. (11/6)

"Kepala LAPAN telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai LAPAN dalam Tatanan Normal Baru sehingga kita wajib melaksanakannya". Ungkap Sudirman.

PSTA mempersiapkan langkah dan tindakan untuk mendukung WFO saat tatanan normal baru melalui:

  1. Pembentukan Tim Penanganan Covid-19,
  2. Pengaturan Sistem Kerja, Jadwal, dan Waktu Kerja Pegawai,
  3. Memastikan pelaksanaan protokol kesehatan,
  4. Melaksanakan kegiatan dan menyediakan bahan pendukung protokol kesehatan.

Diakhir paparan, Sudirman menegaskan untuk bersama-sama melaksanakan protokol kesehatan untuk kepentingan bersama dan mengajak untuk selalu melaksanakan hemat energi.

Pada akhir kegiatan Coffee Morning dilaksanakan acara apresiasi dan pesan Djoko Trianas, A.Md. menjelang akhir masa bakti sebagai Pegawai Negeri Sipil Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dengan Batas Usia Pensiun 58 Tahun. “Terimakasih bapak Djoko Trianas atas kontribusi, pelayanan dan bimbingan yang telah diberikan kepada kami, PSTA, LAPAN, serta Pemerintah, Negara dan Bangsa Indonesia. Terima kasih sudah menjadi Kolega, Mentor, Teman dan Keluarga yang memberikan inspirasi bagi kami semua di PSTA. Semoga selalu sehat, bahagia, sukses, terus berkontribusi dan selalu bersilaturahmi”. tegas Kepala PSTA.

Pejabat Fungsional Arsiparis, Djoko Trianas, A.Md. (11/6)

"Bekerja bagi saya adalah ibadah untuk mengabdi kepada Agama, Bangsa dan Negara melalui LAPAN, terima kasih atas bimbingan hingga saya pensiun tanpa melanggar disiplin". Ungkap Djoko Trianas.

Humas : emge








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL