Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


ASN Desains berSIAP menuju kondisi New Normal
Penulis Berita : • Fotografer : • 28 May 2020 • Dibaca : 177 x ,

Bandung (28/05/2020). Menjaga kebersamaan pegawai LAPAN guna menumbuhkembangkan hubungan dan budaya kerja yang harmonis dapat diwujudkan melalui silaturahim antar pegawai. Demikian halnya, lingkungan kerja kedeputian bidang sains antariksa dan atmosfer LAPAN menggelar kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1441H dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi 2020 meski dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. Melalui zoom cloud meeting yang dihadiri oleh seluruh pegawai PSTA, Pussainsa, BPAA Agam, BPAA Pasuruan, BPAA Pontianak, BPAA Sumedang, BPAA Garut dan Balai Obnas Kupang makna kebersamaan dan keakraban pegawai sangat terasa dalam acara tersebut.

Kegiatan diawali pembukaan oleh koordinator Bagian Administrasi PSTA, Sudirman, SH., MAP. Dalam pembukaannya Sudirman mengajak para pegawai tentang pentingnya menjaga semangat kebersamaan untuk menghadapi berbagai situasi terlebih pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Selanjutnya Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Ir. Halimurrahman, MT. menyampaikan sambutan sekaligus paparan dengan tema "ASN Desains berSIAP menuju kondisi New Normal".

Ir. Halimurrahman, MT. Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN (28/5)

“Silaturahim ini sangat penting untuk menjaga kebersamaan di lingkungan kerja. Meski terdapat perbedaan untuk tahun ini karena situasi pandemi Covid-19, namun akan selalu ada hikmah yang bisa dipetik salah satunya adalah kebersamaan dengan keluarga yang semangatnya akan menjadi pendorong untuk peningkatan kinerja kita” ungkap Halimurrahman pada sambutannya.

Dalam paparannya, Halimurrahman mengatakan bahwa usai penetapan Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional non-alam. Sehingga Presiden meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 dengan cara mulai mengurangi aktivitas di luar rumah (bekerja, belajar, dan beribadah di rumah).

Berdasarkan arahan tersebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menerbitkan Surat Edaran Kepala LAPAN Nomor 2 tahun 2020 pada tanggal 16 Maret 2020 tentang “Tindak Lanjut Upaya Penanganan Penyebaran Covid-19 di lingkungan LAPAN”. Setelah kurang lebih 2 bulan melaksanakan Work from Home (WFH), kini telah hadir Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi. Keputusan tersebut dapat menjadi rujukan pegawai LAPAN sebagai “New Normal” di kantor dan tempat kerja.

New Normal atau keadaan normal yang baru (belum pernah ada sebelumnya) adalah penerapan pola hidup sehat dan bersih serta perubahan gaya hidup sebagai adaptasi terhadap pandemi Covid-19. Keadaan tersebut menuntut kesiapan semua pihak untuk pelaksanaan “New Normal” di kantor dan tempat kerja.

Lebih tegas, Halimurrahman menjelaskan bahwa terdapat 4 (empat) aspek yang harus dipersiapkan yaitu, pertama. Aspek Dasar yang meliputi protokol kesehatan, sarana dan prasarana, teknologi informasi dan komunikasi, dan WFH by Choice. Kedua, Aspek Tata Laksana yang meliputi pembentukan Tim penanganan Covid-19 tingkat Satuan kerja, SOP, Sosialisasi, dan Efisiensi anggaran. Ketiga, Aspek SDM dan Akuntabilitas Kinerja yang meliputi Tugas dan Fungsi, Pelayanan Publik, dan Pelaporan Kinerja Individu. Keempat, Aspek Organisasi yang meliputi Evaluasi Kelembagaan.

Kepala Pusat Sains Antariksa, Dra. Clara Yono Yatini, M.Sc. (28/5)

Plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Dr. Didi Satiadi (28/5)

Pada kesempatan yang sama para pejabat struktural lingkup kedeputian bidang sains antariksa dan atmosfer secara bergiliran menyampaikan salam sapa kepada seluruh peserta yang hadir. Dimulai dari Kepala Pusat Sains Antariksa, Dra. Clara Yono Yatini, M.Sc. “Semangat dan optimis menghadapi perubahan untuk lebih baik”. Plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Dr. Didi Satiadi “Kebaikan dan Kesehatan untuk bekerja lebih baik lagi”. Kepala BPAA Agam, Syafrijon “Selalu semangat dalam bekerja”. Kepala BPAA Pontianak, Kuncoro “Semua bisa untuk New Normal’”. Kepala Balai Obnas Kupang, Bambang Suhandi “Berdo’a untuk lebih baik”. Kepala BPAA Pasuruan, Dian Yuda “Keberkahan dihari raya untuk New Normal”. Kepala BPAA Sumedang, Aries Kurniawan “Kesiapan New Normal untuk keadaan lebih baik”.

Kegiatan berakhir dengan penyampaian ceramah singkat dan do’a oleh koordinator bagian administrasi Pussainsa, Nurkhamdani, S.IP. yang mengajak seluruh pegawai untuk selalu menjalin silaturahim sebab banyak sekali kebaikan dalam jalinan tersebut, salah satunya adalah diluaskannya pintu rezeki.

(Humas : emge/sucipto/christine)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL