Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima Dalam Peningkatan Pelaksana Pelayanan Publik
Penulis Berita : • Fotografer : • 14 May 2020 • Dibaca : 77 x ,

Di era sekarang ini, kanal-kanal yang menjadi media informasi kepada publik sangat beragam. Sudah tidak ada alasan bagi penyelenggara informasi untuk tidak menyediakan informasi yang menjadi hak publik.

Mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan informasi dengan segala jenis saluran informasi yang tersedia merupakan hak asasi manusia. Hak tersebut dijamin oleh Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik ditekankan bahwa ciri penting negara demokratis adalah keterbukaan informasi publik yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik dan bertanggungjawab.

Perwujudannya adalah melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, supremasi hukum, dan partisipasi masyarakat pada proses kebijakan publik.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) senantiasa membutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat dalam melaksanakan tugasnya. Dukungan masyarakat seiring dengan tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap LAPAN. Upaya yang terus dilakukan LAPAN untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan tersebut adalah dengan membuka akses informasi kelembagaan kepada masyarakat. Adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) LAPAN menjembatani kebutuhan informasi masyarakat terkait kinerja LAPAN.

PPID LAPAN terus berupaya berbenah untuk meningkatkan kompetensi para pelaksananya dalam rangka penguatan PPID Utama LAPAN. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima Dalam Peningkatan Pelaksana Pelayanan Publik.

Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu, 13 Mei 2020, 09.00-15.00 melalui Zoom Cloud Meeting. Dihadiri 80 orang peserta yang terdiri dari para Koordinator Bidang Diseminasi, para Petugas Pelaksana Pelayanan Publik, dan para Petugas PPID Pelaksana LAPAN.

Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, Sekretaris Utama LAPAN (12/5)

Dalam sambutan yang sekaligus membuka acara tersebut, Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih menyampaikan bahwa “pelayanan publik prima adalah untuk mewujudkan peran LAPAN dalam mendorong sektor-sektor pembangunan berbasis iptek penerbangan dan antariksa”.

Program kerja PPID Utama LAPAN adalah untuk mencerdaskan (menambah ilmu dan wawasan) dan mengingatkan (peringatan dini) melalui layanan tugas pokok fungsi LAPAN dan produk-produk LAPAN serta pemanfaatannya yang diberikan dengan layanan prima. Selanjutnya Sestama berpesan bahwa tujuan akhir dari layanan publik bukanlah prestasi atau penghargaan namun kepuasan masyarakat yang dilayani.

Akhmad Nursalman, Widyaiswara LAN RI pada Bimtek Budaya Pelayanan Prima (11/5)

Yenny Afriani Maria Sitohang, S.I.P., M.M., Analis Kebijakan Kemenpan RB pada Bimtek Budaya Pelayanan Prima (11/5)

Kegiatan Bimtek dilaksanakan dalam dua sesi pemaparan teknis. Pada sesi pertama disampaikan materi Peningkatan Kompetensi Pelaksana Budaya Pelayanan Prima Unit Kerja oleh Narasumber Akhmad Nursalman, widyaiswara LAN RI.

Dalam paparannya disampaikan bahwa untuk menuju pelayanan prima diperoleh melalui revolusi mental dengan merubah cara pandang, cara pikir, cara kerja, dan merubah sikap dan perilaku menjadi lebih adaptif. Budaya pelayanan prima menjadi bagian terpenting dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab PPID. Budaya pelayanan prima dilakukan melalui tindakan, kemudian menjadi kebiasaan, lalu berangsur menjadi kebudayaan. Visi, Misi dan Nilai-Nilai LAPAN merupakan dasar dari tujuan pembentukan ciri khas budaya pelayanan PPID LAPAN.

Pada sesi kedua disampaikan materi tentang Budaya Layanan Prima dalam Mendukung Pelayanan Publik oleh Yenny dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pada pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), pelayanan publik menjadi pengungkit sekaligus menjadi sasaran RB yaitu birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Strateginya adalah pelaksanaan peraturan terkait pelayanan publik dan penerapannya sehingga tercapainya hasil yang diharapkan.

Selama ini LAPAN telah melaksanakan tahapan demi tahapan budaya pelayanan prima secara berkesinambungan untuk meningkatkan budaya pelayanan prima.

Pada sesi tanya jawab, peserta antusias memberikan pertanyaan kepada para narasumber untuk didiskusikan. Pada akhirnya dengan layanan publik prima, masyarakat puas mendapatkan informasi secara cepat, tepat, dan akurat demi terwujudnya LAPAN unggul Indonesia maju, LAPAN melayani Indonesia mandiri, berinovasi, berkolaborasi.

(Humas : emge)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL