Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Siswa Al Jabr Islamic Shool Belajar Sains dan Teknologi Atmosfer
Penulis Berita : • Fotografer : • 05 Feb 2020 • Dibaca : 1043 x ,

Bandung (5/2). Sebanyak 25 orang siswa dan 2 guru pembimbing Al Jabr Islamic School, Jakarta Selatan berkunjung ke PSTA-LAPAN. Kunjungan perdana dari Al Jabr Islamic School yang dilaksanakan bertema pengenalan cuaca dan iklim dalam pendekatan sains dan teknologi atmosfer. Bertempat di Ruang Rapat Sains Atmosfer, kunjungan diterima oleh panitia penerima kunjungan, Djoko Trianas, A.Md. dan tim.

Setelah mendapat beberapa pengarahan dan tata tertib kunjungan dari Djoko Trianas selaku pejabat PPID, kegiatan kunjungan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan oleh guru pembimbing kelas X Al Jabr Islamic Shool, Ms. Lies yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilandasi oleh salah satu materi pelajaran tentang dinamika atmosfer khususnya cuaca dan iklim sehingga inisiatif sekolah muncul untuk mengetahui dan belajar tentang cuaca dan iklim di PSTA-LAPAN.

“…kami dari Al Jabr Islamic School kelas X mengucapkan terimakasih banyak atas sambutannya dari bapa dan ibu, kami disini ada kelas IPA dan IPS, kelas IPS-nya sedang mempelajari “Dinamika Atmosfer” dan kelas IPA-nya sedang mempelajari “Energi” jadi bisa sekalian untuk bareng-bareng belajar disini belajar bersama-sama. Kami mohan maaf, semoga anak-anak mendapat pelajaran yang berharga disini, insyaallah.” Ungkap Lies.

Guru Pembimbing, Ms. Lies pada kunjungan Al Jabr Islamic School (5/2)

Kepala Bagian Administrasi, Sudirman, SH., MAP. menyambut baik kegiatan kunjungan. Dalam sambutannya disampaikan ucapan selamat datang dan harapan semoga kunjungan pada hari ini memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi siswa Al Jabr Islamic School.

Kepala Bagian Administrasi Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Sudirman, SH., MAP. memberikan sambutan kunjungan Al Jabr Islamic School (5/2)

Alhamdulillah, sesuai dengan rencana, sesuai dengan surat yang kami terima kita bisa berkumpul di kantor Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) - LAPAN. Kami atas nama pimpinan disini mengucapkan terimakasih atas kehadiran kunjungan ini. Silahkan manfaatkan forum ini sebagai forum untuk belajar, mengingat bahwa belajar bukan hanya didalam kelas saja, namun bisa kita peroleh diluar kelas, seperti yang akan kita laksanakan kali ini” ungkap Sudirman

Pemaparan profile company LAPAN disampaikan oleh Pranata Humas PSTA, Muhtar Gunawan, SAP. dalam paparannya disampaikan berbagai informasi mengenai sejarah, lokasi dan kompetensi LAPAN serta produk-produk yang telah dihasilkan dari penelitian dan pengembangan PSTA-LAPAN.

Pemaparan teknis tentang Carbon Footprint disampaikan oleh Peneliti dari Bidang Diseminasi, Indah Susanti, ST. dalam pemaparan teknis ini dijelaskan bahwa alam sebagai sumber kehidupan manusia. Manusia memanfaatkan alam untuk berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, manusia mengambil energinya kemudian manusia menghasilkan limbah. Alam mempunyai kemampuan dalam menyerap limbah. “…jadi ketika manusia mengeluarkan limbah alam mempunyai mekanisme sendiri untuk menetralkan kembali, namun alam juga mempunyai kapasitas, ketika sesuatu berlebihan masuk ke alam yang sifatnya merusak itu sedikit demi sedikit kemampuan alam kita akan berkurang”. Jelas Indah Susanti.

Pranata Humasi Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Muhtar Gunawan, SAP. pada kunjungan Al Jabr Islamic School (5/2)

Peneliti Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Indah Susanti, ST. pada kunjungan Al Jabr Islamic School (5/2)

Selanjutnya dilaksanakan diskusi terkait Carbon Footprint bersama narasumber teknis, Indah Susanti, ST. Antusias para siswa pada sesi ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan dan rasa penasaran para siswa yang ingin memahami terkait Carbon Footprint dikehidupan sehari-hari mereka.

  

Tinjauan lapangan Siswa Al Jabr Islamic School (5/2)

Kegiatan ditutup dengan kunjungan lapangan para siswa ke media center ASTINA dan tinjauan peralatan yang ada di PSTA-LAPAN. Kegiatan ini dipandu oleh calon peneliti PSTA-LAPAN, Amalia Nurlatifah, S.Si. di media center ASTINA, para siswa diperkenalkan dengan produk-produk PSTA-LAPAN seperti SADEWA (Satellite Disaster Early Warning System), SEMAR (Sistem Embaran Maritim), SRIKANDI (Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia), SRIRAMA (Sistem Informasi Perubahan Iklim Indonesia) dan SANTANU (Sistem Pemantau Hujan Spasial). pada kegiatan tinjauan lapangan dijelaskan secara teknis bagaimana pengoperasian peralatan dan apa saja fungsi dari peralatan tersebut.

 (Humas/emge, Fotografer: Gelar)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL