Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA LAPAN Menerima Kunjungan Dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB
Penulis Berita : • Fotografer : • 17 Dec 2019 • Dibaca : 72 x ,

Bandung – PSTA, Rabu (17/12/2019), PSTA-LAPAN kembali menerima kunjungan sebanyak 12 mahasiswa S2/S3 dan 3 dosen pendamping dari FMIPA IPB. Selama kunjungan, para mahasiswa dan dosen S-2 ini berkunjung yang disambut baik pihak PSTA-LAPAN yang diwakili Prof Eddy Hermawan yang kemudian disambut oleh perwakilan dari IPB (bapa Rahmat Hidayat) menyampaikan tujuan kunjungan dan mengucapkan terima kasih tentang sambutan yang hangat yang selalu diterima saat IPB berkunjung PSTA-LAPAN.

Awal acara dimulai dengan perkenalan dari masing-masing mahasiswa dan narasumber. Kunjungan kali ini cukup unik, karena narasumber merupakan alumni dari IPB juga sehingga selain memberikan perkenalan narasumber juga sedikit bernostalgia sewaktu kuliah dengan IPB.

Selesai perkenalan, baik peserta kunjungan dan narasumber berfoto bersama.

Selanjutnya, bapak Haries Satyawardana memaparkan materi tentang LAPAN secara singkat dan jelas, dijelaskan lebih rinci satuan kerja LAPAN yang ada di seluruh Indonesia dan khususnya PSTA. Selain itu dipaparkan sistem pendukung keputusan atau biasa disebut Decision Support System (DSS) seperti SEMAR, SADEWA, SRIKANDI, SANTANU dan SRIRAMA.

Materi berikutnya diisi oleh bapak Risyanto sebagai narasumber berikutnya. Pada kesempatan ini bapak Risyanto menjelaskan tentang salah satu fasilitas pengamatan yang ada di PSTA. Menjelaskan kegunaan alat yang ada dan data apa saja yang bias dihasilkan dari alat-alat atau fasilitas tersebut.

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan tanya-jawab dan diskusi. Banyak pertanyaan yang dilontarkan dari mahasiswa dan dijawab oleh para nara sumber dari PSTA. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian survei kepuasan masyarakat secara online (bit.ly/SKMPSTA) oleh mahasiswa yang merupakan evaluasi para pengunjung terhadap layanan sains dan teknologi atmosfer di PSTA terutama tentang perubahan iklim, dari hasil perhitungan peserta kunjungan menunjukkan kepuasan yang Baik sekali dengan nilai 92,19.

Setelah acara, dipandu oleh ibu Nani Cholianawati, peserta kunjungan mahasiswa diajak mengunjungi media center PSTA, Atmospheric Science and Technology Information System (ASTINA) untuk mencoba melihat display produk DSS dan intrepretasi informasi yang ada di dalamnya.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL