Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Kunjungan Guru MGMP IPS Bogor ke PSTA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 22 Nov 2019 • Dibaca : 266 x ,

Pada hari Kamis, 21 November 2019 PSTA LAPAN menerima kunjungan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kota Bogor Wilayah Tengah. Setidaknya terdapat 40 orang guru yang hadir dalam acara kunjungan kali ini.

Acara kunjungan ini diawali dengan penyambutan peserta oleh Protokoler Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN, Bapak Djoko Trianas yang memberikan yel-yel penyemangat sebelum acara dimulai. Guru-guru sangat bersemangat dan antusias menyambut yel-yel spontan tersebut.

Perwakilan dari MGMP IPS Kota Bogor Wilayah Tengah menyampaikan tujuan kunjungan ke PSTA LAPAN. Beliau mengatakan kunjungan kali ini adalah dalam rangka pembekalan materi kepada seluruh guru yang tergabung dalam MGMP IPS Kota Bogor wilayah tengah ini. Dalam kunjungannya ke Bandung kali ini, PSTA LAPAN adalah tempat kedua yang dikunjungi setelah Museum Geologi. Dalam kunjungan kali ini, para guru yang tergabung dalam MGMP IPS Kota Bogor Wilayah Tengah ini ingin mendapatkan materi mengenai keorganisasian PSTA LAPAN dan Perubahan Iklim.

Kunjungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kota Bogor Wilayah Tengah ini disambut baik oleh Kepala Bagian Administrasi (Bapak Sudirman, SH., MAP) yang mewakili struktural dari LAPAN Bandung. Setelah selesai sesi pertama, dilakukan penyerahan cinderamata dari PSTA ke perwakilan MGMP IPS Kota Bogor Wilayah Tengah berupa buku-buku mengenai atmosfer dan sebaliknya juga diserahkan cinderamata dari MGMP IPS Kota Bogor Wilayah Tengah ke PSTA. Setelah sambutan dari PSTA LAPAN Bandung, acara diteruskan oleh Pak Atep selaku staff Bidang Diseminasi yang memaparkan LAPAN secara singkat dan jelas. Pak Atep juga menyampaikan satuan kerja LAPAN yang ada di seluruh Indonesia dan menjelaskan lebih detail lagi satuan kerja yang ada di LAPAN Bandung, terutama PSTA. Selain itu dijelaskan juga mengenai hasil-hasil teknologi apa saja yang sudah dihasilkan oleh LAPAN seperti roket, satelit, citra penginderaan jauh, dan system pendukung keputusan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Decision Support System (DSS).

Acara selanjutnya adalah pemaparan dari narasumber PSTA yaitu Ibu Indah Susanti, ST. Pada kesempatan kali ini Ibu Indah menjelaskan tentang salah satu fokus penelitian di PSTA yaitu mengenai Perubahan Iklim. Banyak hal yang Ibu Indah jelaskan, diantaranya adalah mengenai teori penyebab perubahan iklim, dampak perubahan iklim, hingga bagaimana kondisi calon ibukota negara di masa mendatang akibat adanya perubahan iklim. Para guru dari MGMP IPS Kota Bogor Wilayah Tengah ini nampak antusias mendengar penjelasan ini.

Acara terakhir adalah sesi tanya jawab. Para guru begitu antusias dan banyak bertanya baik mengenai keorganisasian LAPAN maupun tentang materi atmosfer. Kunjungan kali ini diakhiri oleh sesi kunjungan ke Astina, salah satu ruangan multimedia milik PSTA LAPAN yang dipimpin oleh Ibu Nani Cholianawati, ST.

(AN/Diseminasi)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL