Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Kunjungan STT Pagar Alam Sumatera Selatan ke PSTA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 17 Sep 2019 • Dibaca : 364 x ,

Mahasiswa Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Pagar Alam Sumatera Selatan yang berjumlah 121 mahasiswa melakukan kunjungan ke PSTA LAPAN. Kunjungan ini merupakan kunjungan mereka yang keempat. Acara kunjungan ini sepertinya kegiatan agenda tahunan yang dilakukan oleh STT Pagaralam.

Sebelum acara pemaparan dimulai, perwakilan dari STT. Pagaralam menyampaikan tujuan kunjungannya kali ini. Melihat cuaca di daerah STT. Pagaralam yang sangat panas, mereka ingin mengetahui kondisi atmosfer terkini di daerah tersebut. Selain itu, berhubung mahasiswa yang datang berkunjung adalah mahasiswa semester 6 dan sedang melaksanakan tugas akhir, mereka ingin mencari topik-topik yang dapat digunakan sebagai tugas akhir mereka. Mereka juga ingin mengetahui informasi mengenai layanan PKL yang ada di PSTA LAPAN.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bidang Diseminasi, Dr. Lilik Slamet S yang mewakili Kepala PSTA LAPAN. Pak Lilik menyambut dengan senang dan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan STT. Pagar Alam kepada PSTA LAPAN.

Sesi pemaparan pertama disampaikan oleh Pak Lilik yang menjelaskan mengenai LAPAN secara umum serta menjelaskan satuan kerja dan balai pengamatan di LAPAN yang ada di seluruh Indonesia. Pak Lilik juga menjelaskan tentang produk-produk teknologi dan penelitian yang telah dilakukan oleh LAPAN secara keseluruhan.

Dengan mengangkat isu mengenai revolusi industri 4.0, Pak Lilik memaparkan apa saja yang akan dilalukan oleh PSTA LAPAN secara khusus untuk menghadapinya. Salah satu cara yang dilakukan adalah pengembangan sistem pendukung keputusan atau DSS (Decision Support System). Selain pengembangan DSS, PSTA sudah menggunakan e-government untuk kegiatan internal sehingga mengurangi penggunaan kertas dan dapat membantu memelihara lingkungan. Pak Lilik juga menjelaskan DSS yang sudah ada di PSTA dan apa saja manfaat DSS yang telah diterapkan di Indonesia, seperti prediksi daerah rawan longsor dengan DSS Santanu jika terjadi hujan ekstrem.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Nani Cholianawati, ST. yang merupakan Peneliti Muda PSTA dari kelompok penelitian lingkungan atmosfer. Bu Nani menjelaskan tentang bagaimana DSS dan sistem informasi bekerja. Yang pertama adalah penjelasan mengenai DSS. Bu Nani menjelaskan bagaimana DSS bekerja secara sederhana, mulai dari data-data yang sangat banyak sampai pembentukan knowledge atau pengetahuan untuk DSS. Dari knowledge tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai sumber keputusan yang akan dikeluarkan oleh DSS. Misalnya saja pada kebakaran hutan terbaca data PM 2.5 sebesar 500 mg padahal dari knowledge DSS ambang batas sehat untuk kualitas udara adalah 65 mg, maka DSS akan memutuskan bahwa kondisi kualitas udara adalah tidak sehat. Selanjutnya, Bu Nani menjelaskan akuisisi data dari satelit. Dijelaskan secara umum apa itu satelit dan instrumen-instrumen apa saja yang ada di sebuah satelit serta bagaimana sebuah satelit dapat memperoleh data yang ada di permukaan bumi.

Sesi pemaparan selesai dan dilakukan tanya jawab antara peserta kunjungan dan pembicara. Rangkaian kunjungan ini diakhiri dengan pemberian informasi layanan PKL di PSTA oleh Bapak Joko Trianas selaku humas di PSTA LAPAN.

(HD/PSTA)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL