Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SNSA 2019 : With SDGs, No One Left Behind
Penulis Berita : • Fotografer : • 09 Jul 2019 • Dibaca : 286 x ,










Sustainable Development Goals atau dalam Bahasa Indonesia dikenal juga sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. Salah satu dari tujuan pembangunan tersebut adalah dengan mewujudkan kesejahteraan manusia dan penanganan perubahan iklim.

Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN sebagai salah satu pusat di LAPAN yang bergerak dalam Litbang Atmosfer mengadakan Seminar Nasional Sains Atmosfer (SNSA) 2019 yang bertajuk “Peran sains dan teknologi atmosfer dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals)”. Acara ini diadakan di Auditorium LAPAN Bandung pada tanggal 4 Juli 2019.

Acara yang diikuti oleh 60 pemakalah dan hampir 150 peserta ini dimulai pada pukul 08.00 dan dibuka oleh Kepala LAPAN, Bapak Prof. Thomas Djamaluddin. Mengambil tema SDGs, acara mengundang 2 pembicara kunci yaitu Bapak Dr. Syafarudin selaku Kasubdit PTI Bidang Energi dan Transportasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta Bapak Drs. Afif Budiyono, M.T. selaku Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN. Para pembicara kunci berbicara tentang bagaimana peran riset dan pendidikan dalam mewujudkan SDGs. Selain para pembicara kunci, acara ini juga mengundang para invited speakers  yaitu Ibu Dr. Orbita Roswintiarti selaku Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Ibu Prof. Muhayatun Santoso selaku Peneliti Utama BATAN, dan Ibu Dr. Emilya Nurjani selaku Dosen Fakultas Geografi, UGM.

SNSA 2019 juga menjadi ajang bagi para peneliti untuk dapat menampilkan hasil penelitiannya melalui seminar parallel. Pada presentasi seminar parallel, terdapat 5 topik yang menjadi kajian pada SNSA kali ini. Lima topik tersebut adalah Kebencanaan Hidrometeorologi, Kimia Atmosfer, Teknologi Atmosfer, Perubahan Iklim, dan Atmosfer Maritim. Parallel Session dibagi menjadi 4 ruangan dan terdiri atas masing-masing 15 peneliti. Seminar Nasional Sains Atmosfer 2019 diakhiri pada pukul 16.00 dan ditutup oleh Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Bapak Ir. Halimurrahman, M.T. Harapannya, melalui seminar ini para peneliti dan perekayasa yang hadir di acara ini mempunyai awareness dan pengetahuan yang baik mengenai usaha untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan sehingga no one left behind (tidak ada lagi yang tertinggal). –Amalia Nurlatifah








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL