Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PAN-RB Lakukan Pengawasan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di PSTA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Oct 2018 • Dibaca : 121 x ,

Bandung/PSTA LAPAN (05/10/2018), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan PSTA LAPAN. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung merupakan instansi yang ditunjuk oleh PAN-RB untuk melakukan pengawasan pendataan survei hasil pelaksanaan reformasi birokrasi tahun anggaran 2019.

Ida Nurchaida, Kepala Seksi Statistika Produksi BPS Kota Bandung bersama 3 rekannya menjadi perwakilan PAN-RB untuk mengawasi dan mendata survei hasil pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan PSTA LAPAN tahun 2019. Kegiatan yang disurvei diantaranya adalah layanan yang diberikan PSTA LAPAN kepada pengguna maupun masyarakat.

Kepala PSTA, Halimurrahman menjelaskan bahwa pengawasan dan survei hasil pelaksanaan reformasi dan birokrasi di lingkungan PSTA perlu dilakukan guna mengevaluasi kinerja PSTA sampai saat ini serta untuk kemajuan PSTA ke depannya untuk mencapai cita-cita instansi LAPAN, yaitu menjadi center of excellent. Harapannya layanan PSTA sudah diberikan secara optimal kepada pengguna maupun masyarakat.

Pada pertemuan ini hadir beberapa responden untuk disurvei oleh pihak BPS. Responden yang dihadirkan merupakan mahasiswa yang pernah melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) atau bimbingan tugas akhir di PSTA LAPAN baik di bidang teknis penelitian maupun administrasi, diantaranya berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Telkom, Universitas Negeri Garut (Uniga), Universitas Komputer Indonesia (Unikom), dan Politeknik Negeri Bandung.

Selain layanan PKL dan bimbingan tugas akhir, pengawas juga menilai dari layanan penggunaan data penelitian dan pengembangan (litbang) seperti Garda Caah yang selalu menggunakan data hasil pengamatan DSS SADEWA dan SANTANU untuk mitigasi bencana banjir dan longsor di Majalaya dan sekitarnya. Pengawas juga menilai layanan sebagai narasumber sebagai invited speaker seminar/konferensi atau pertemuan ilmiah lainnya. Dilaporkan bahwa peneliti PSTA setiap 3 bulan menjadi narasumber untuk prediksi awal musim dalam National Climate Outlook Forum (NCOF) di BMK Pusat.

Layanan lain yang dinilai yaitu layanan kerja sama dengan instansi yang masih berjalan hingga tahun ini, diantara kerjasama dengan PT. INTI, FMIPA – Universitas Padjadjaran, FITB – ITB, Pemda Kota Bandung, DLH Provinsi Jambi, DLH Kota Sungai Penuh, Pusat Meteorologi Maritim – BMKG, dan Pemprov DIY. Selain kerja sama dalam negeri, dilaporkan juga kerja sama yang dijalin dengan luar negeri, yaitu dengan RISH Kyoto dan JAMSTEC – Jepang.

Pengawasan ini selain menilai kualitas dari layanan yang diberikan, juga menilai kuantitas atau jumlah individu yang mendapatkan pelayanan. Berdasarkan hal tersebut, layanan berupa kunjungan ilmiah yang pernah dilakukan kepada beberapa instansi, termasuk sekolah, universitas, maupun lembaga juga dilaporkan pada pengawasan ini. Dengan tercapainya target layanan yang diberikan oleh PSTA, maka reformasi birokrasi PSTA tahun anggaran 2019 telah terlaksana dengan baik.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL