Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


FGD Mitigasi Perubahan Iklim dan Dampaknya : Menambah Informasi dan Pemahaman Status GRK di Indonesia
Penulis Berita : • Fotografer : • 28 Sep 2018 • Dibaca : 70 x ,

Bandung/PSTA LAPAN (27/09/2018), Kelompok Penelitian (Poklit) Perubahan Iklim menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Mitigasi Perubahan Iklim dan Dampaknya. Permasalahan terkait perubahan iklim memberikan dampak yang luas pada berbagai aspek, baik aspek lingkungan, sosial, maupun ekonomi. Hal tersebut melatarbelakangi dilaksanakannya FGD ini, dengan tujuan sosialisasi hasil penelitian terkait perubahan iklim dan dampaknya serta memperoleh informasi dan pemahaman terkait perkembangan kebijakan Rencana Aksi Nasional Gas Rumah Kaca (RAN GRK) juga status GRK di Indonesia, terutama gas karbon dioksida.

Penelitian mengenai perubahan iklim dan dampaknya merupakan salah satu tujuan dan target kegiatan Poklit di PSTA. Poklit Perubahan Iklim saat ini tengah mendalami dampak perubahan iklim di perkotaaan dalam rangka mewujudkan smart city, melakukan pengkajian kondisi Gas Rumah Kaca (GRK) di Indonesia dan dikaitkan dengan kebijakan Rencana Aksi Nasional (RAN) Gas Rumah Kaca (GRK), serta melakukan pengembangan sistem pendukung keputusan (Decission Support System atau DSS) yang berbasis Conformal-Cubic Atmospheric Model (CCAM).

Acara FGD ini dipandu oleh Rosida selaku koordinator ilmiah PSTA dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Diseminasi PSTA, Lilik Slamet Supriatin. Materi yang disajikan dalam FGD ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama terkait Status GRK di Indonesia dan sesi kedua terkait Dampak dan Kebijakan Perubahan Iklim. FGD sesi pertama dipandu oleh Lilik Slamet Supriatin sebagai moderator, dengan narasumber yang menyampaikan materi berasal dari Poklit Perubahan Iklim PSTA, RAN GRK-Bappenas, dan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI)-KLHK.

Narasumber dari Poklit perubahan iklim, diantaranya Bambang Siswanto menyampaikan materi terkait prediksi iklim Indonesia dengan menggunakan CCAM; Sri Kaloka menyampaikan materi terkait dampak program RAN penurunan emisi GRK terhadap konsentrasi CO2 di wilayah Indonesia; dan Mahmud menyampaikan materi terkait DSS Sistem Informasi Perubahan Iklim Indonesia (SRIRAMA). Sementara narasumber tamu yakni Atjeng Kadaryana, Kepala Sekretariat RAN GRK-Bappenas menyampaikan materi terkait pembangunan rendah karbon (PRK) dan Joko Prihatno, Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi, Ditjen PPI-KLHK menyampaikan materi terkait penyelenggaraan Inventarisasi GRK dan Measurement, Reporting, and Verification (MRV).

FGD sesi kedua dipandu oleh Bambang Siswanto selaku KaPoklit Perubahan Iklim PSTA. Pemateri pada sesi ini berasal dari Puslitbang-KLHK, dan peneliti dari pokilt Perubahan Iklim PSTA. Peneliti Puslitbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan, dan Perubahan Iklim – KLHK, Donny Wicaksono menyampaikan materi terkait pengendalian emisi dan monitoring stok karbon dari rector kehutanan. Sementara pemateri dari PSTA, yakni Laras Tursilowati menyampaikan materi terkait smart environtment untuk mendukung smart city; Martono menyamapaikan materi terkait dampak perubahan iklim pada maritim; dan Sinta Berliana Sipayung menyampaikan materi terkait dampak perubahan iklim pada hidrologi.

Sesi diskusi baik pada FGD sesi pertama dan kedua berjalan dengan lancar dan terbuka. Informasi dan pemahaman baru terkait perkembangan kebijakan Rencana Aksi Nasional Gas Rumah Kaca (RAN GRK) serta status GRK saat ini di Indonesia, didapatkan dari materi yang disampaikan oleh narasumber dan diperjelas pada sesi diskusi. FGD kemudian kembali ditutup oleh Kabid Diseminasi, dengan harapan koordinasi terkait lembaga dan kementerian yang hadir tidak hanya berhenti sampai FGD ini saja. Upaya mitigasi perubahan iklim tidak cukup hanya dikerjakan oleh satu atau dua orang, bahkan instansi, tetapi perlu adanya kolaborasi tiap instansi terkait dalam pengerjaannya dan menyampaikannya kepada masyarakat.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443
Email: tatausaha[dot]psta[at]gmail[dot]com ; psta[at]lapan[dot]go[dot]id



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL