Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA LAPAN Berkolaborasi dengan JAMSTEC Menyelenggarakan Workshop Dinamika Atmosfer di Benua Maritim Indonesia
Penulis Berita : • Fotografer : • 27 Sep 2018 • Dibaca : 224 x ,

 

Bandung/PSTA LAPAN (18,24-25/09/2018), PSTA LAPAN berkolaborasi dengan Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC) menyelenggarakan workshop bertema “Atmospheric Dynamic in the Maritime Continent”. Kolaborasi yang dimaksud dalam workshop ini yaitu materi workshop disampaikan oleh kedua belah pihak (PSTA LAPAN-JAMSTEC) dengan topik presentasi saling berkaitan satu sama lain.

Latar belakang diselenggarakannya workshop ini seperti disampaikan oleh Kepala PSTA, Halimurrahman, merupakan salah satu rangkaian kegiatan kerjasama PSTA-JAMSTEC dan merupakan sinergi pada konferensi internasional “ICTMAS” yang dilaksanakan pada 19-20 September lalu. Workshop hari pertama dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018, sehari sebelum dilaksanakannya ICTMAS.

Pada workshop hari pertama tersebut, dengan dipimpin oleh Eddy Hermawan selaku moderator, Tomoe Natsumo dari JAMSTEC membuka materi terkait Numerical Simulation. Materi selanjutnya masih dengan topik yang berkaitan disampaikan oleh Suaydhi dari PSTA terkait Numerical Simulation yang dikembangkan oleh PSTA-LAPAN.

Beranjak pada workshop hari kedua yang dilaksanakan pada tanggal 24 September 2018, masih dipimpin oleh Eddy Hermawan yang bertindak sebagai moderator, Direktur JAMSTEC, Kunio Yoneyama menyampaikan materi terkait MJO Study from the Viewpoint of In-situ Observations. Dijelaskan bahwa JAMSTEC tengah mengembangkan model pengamatan MJO bernama MISMO. Data MISMO dan analisis lainnya seperti Cooperative Indian Ocean Experiment on Interseasonal Variability (CINDY) dapat diakses secara gratis di website JAMSTEC apabila PSTA ingin menggunakannya untuk penelitian dan pengembangan.

Pembicara selanjutnya masih dari JAMSTEC yaitu Junko Suzuki, menyampaikan materi terkait Waves in the Tropical Tropopause Region. Suzuki menyampaikan kaitan fenomena MJO dengan gelombang kelvin dan dampaknya terhadap cuaca di benua maritim. Pemateri dari PSTA, Ginaldi Ari Nugroho selanjutnya membawakan materi terkait X-band Radar observation in LAPAN dan perkembangan litbang SANTANU. Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Eddy Hermawan yang menyampaikan terkait MJO Study in LAPAN. Dijelaskan perbandingan pengamatan MJO yang dilakukan oleh PSTA LAPAN dengan pengamatan yang dilakukan pada umumnya.

Workshop hari terakhir dilaksanakan pada tanggal 25 September 2018 menghadirkan pemateri dari JAMSTEC, Qoosaki Moteki yang menyampaikan materi terkait Air-Sea Interaction dan Data Assimillation. Pada materi pertama, Moteki menjelaskan bahwa banyak fenomena yang terjadi di udara dan laut yang berkaitan dengan angin, suhu permukaan laut, dan radiasi matahari. Fenomena yang terjadi biasanya seperti ENSO, siklon tropis, dan MJO. Disampaikan juga bahwa fenomena yang terjadi di “Mascarene High” sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Materi asimilasi data disampaikan kaitannya anatra model ansemble dengan model statistik dan dinamik yang dikembangankan JAMSTEC untuk melakukan prediksi (forecast) dengan metode 1D, 2D, 3D, dan 4D.

Materi terakhir pada workshop ini yaitu Mesoscale Convenctive Complex (MCC) over Indonesian Maritime Continent, disampaikan oleh Trismidianto. Dijelaskan secara rinci bagaimana fenomena MCC terjadi, juga kaitannya dengan fenomena iklim lainnya seperti ENSO, IOD, dan MJO, serta pengaruhnya terhadap distribusi curah hujan di Indonesia baik bulanan maupun musiman.

Diskusi yang dilakukan pada workshop ini membuka pemahaman baru baik baik pihak PSTA maupu JAMSTEC. Saran dan masukan yang disampaikan memberikan motivasi untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kepala PSTA menutup workshop secara resmi dan kembali menyampaikan pesan PSTA dan JAMSTEC dapat saling meberikan manfaat terutama dengan adanya kerjasama riset dan kolaborasi dalam YMC campaign. Direktur JAMSTEC juga menyampaikan kolaborasi PSTA – JAMSTEC akan terus berlanjut ke depannya baik melalui acara ICTMAS, YMC campaign, ataupun menulis paper bersama.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL