Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Mahasiswa UMK Belajar Penerapan Teknik Informatika di PSTA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 05 Sep 2018 • Dibaca : 324 x ,

Bandung, Selasa (04/09/2018), Sebanyak 83 mahasiswa didampingi 9 dosen dari program studi (prodi) Teknik Informatika Universitas Muria Kudus (UMK) mengunjungi Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN. Dosen UMK, Alif Catur Mukti menyampaikan maksud kunjungan ini adalah agar mahasiswa prodi Teknik Informatika UMK memperlajari penerapan teknik informatika dalam penelitian dan pengambangan di PSTA LAPAN, yang nantinya akan diterapkan pada projek akhir/skripsi.

Lilik Slamet Suprihatin, selaku kepala bidang Diseminasi PSTA menyambut dengan baik kunjungan mahasiswa dan dosen dari UMK. Beliau berharap, mahasiswa dapat menyerap materi yang disampaikan oleh penyaji dan dapat diterapkan baik dalam materi perkuliahan maupun organisasi di UMK.

Sebagaimana kunjungan biasanya, PSTA menyampaikan profil kelembagaan LAPAN yang terdiri dari penjelasan umum terkait organisasi, visi dan misi, serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) setiap kedeputian dan satuan kerja di LAPAN. Materi tersebut disampaikan oleh Atep Radiana dari bidang diseminasi PSTA. Atep juga menjelaskan secara garis besar terkait tupoksi PSTA seperti kelompok penelitian, hasil litbang berupa DSS, dan kegiatan diseminasi.

Materi selanjutnya terkait pengembangan teknologi laboratorium terbang disampaikan oleh peneliti PSTA, Sumaryati. Disampaikan bahwa PSTA LAPAN mengembangakan teknologi laboratorium terbang untuk mengamati komposisi atmosfer yang terdiri dari tekanan, temperature, kelembaban, serta parameter kimia atmosfer lainnya. Pengamatan tersebut dilakukan menggunakan LAPAN Surveillance Aircraft (LSA) dan LAPAN Surveillance UAV (LSU) berupa pesawat tanpa awak atau drone.

Sesi diskusi berjalan dengan lancar dan terbuka. Para mahasiswa aktif bertanya kepada para penyaji yang menandakan bahwa tingginya antusiasme para peserta kunjungan akan materi yang disampaikan. Hingga sesi akhir panel diskusi, masih banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa juga dosen yang membuat sesi diskusi berlanjut di ruang ASTINA.

Di ruang ASTINA, Nani Cholianawati dari bidang diseminasi dan Farid Lasmono dari bidang program dan fasilitas, mendemosntrasikan aplikasi hasil litbang PSTA berupa DSS yang terdiri dari SADEWA, SEMAR, SANTANU, SRIKANDI, dan SRIRAMA kepada peserta kunjungan. Dengan adanya materi yang disampaikan oleh para penyaji, baik di auditorium maupun di ruang ASTINA, para mahasiswa dan dosen UMK menunjukkan ketertarikan dan antusiasmenya terhadap PSTA. Di akhir kunjungan, dosen UMK menyampaikan tertarik untuk menerapkan litbang PSTA kepada mahasiswa, melalui praktek kerja lapang (PKL) ataupun projek akhir.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443
Email: tatausaha[dot]psta[at]gmail[dot]com ; psta[at]lapan[dot]go[dot]id



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL