Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA LAPAN Melakukan Penandatanganan PKS dengan Pemerintah Kota Bandung terkait Pemanfaatan Informasi Sains dan Teknologi Atmosfer
Penulis Berita : • Fotografer : • 28 Aug 2018 • Dibaca : 380 x ,

Bandung, Senin (27/08/2018), Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN diwakili oleh Kepala PSTA, Halimurrahman melakukan penandatanganan perjanjanjian kerja sama (PKS) dengan pemeritah kota Bandung yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kota Bandung, Ahyani Raksanagara. Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan di Bandung Command Center (BCC) Kantor Wali Kota Bandung.


Sebelum dilakukan penandatanganan PKS, Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Afif Budiyono menyampaikan hasil penelitian dan pengembangan (litbang) LAPAN telah banyak dilakukan, seperti pengolahan data penginderaan jauh beresolusi tinggi, satelit LAPAN A2-A3, dan produk – produk sistem pendukung keputusan (DSS) dari berbagai satker LAPAN. Produk – produk hasil litbang tersebut sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan.

Di samping itu LAPAN sendiri memiliki program utama yang merupakan Layanan Satu LAPAN, terdiri dari :

  1. Layanan berbasis Kompetensi berupa sains penerbangan, teknologi, pengetahuan, serta kebijakan penerbangan dan antariksa.
  2. Layanan berbasis Aplikasi berupa pemanfaatan data yang dikembangkan dalam Sistem Pendukung Keputusan/Decision Support System (DSS) dalam penanggulangan bencana (SADEWA, SANTANU, SIMBA, SIPANDA, dsb), produk – produk tersebut dapat mempercepat pelayanan informasi dan memudahkan pengguna.
  3. Layanan berbasis Unit Kerja yang terdiri sari pusat teknis, pusat pemacu, biro penggerak, inspektorat, dan balai pengamatan.
  4. Layanan Manajemen untuk kementerian dan lembaga. Layanan ini harus dimanfaatkan oleh pengguna sampai lini yang paling bawah.

Layanan-layanan tersebut sangat baik dimanfaatkan oleh pemerintah daerah terutama dalam mendukung perencanaan kota. Maka, kerja sama dengan pemerintah kota Bandung ini sangat baik dilakukan dalam pemafaatan informasi DSS SADEWA dan SANTANU. Masyarakat kota Bandung khususnya dapat mengetahui kondisi cuaca terkini untuk mengantisipasi adanya bencana hidrometeorologi (banjir).

Kepala Diskominfo kota Bandung juga menyampaikan, dilakukannya kerja sama ini memberikan mutual benefit baik untuk pemerintah kota Bandung sendiri maupun PSTA LAPAN. Harapannya PKS ini dapat terjailn dengan baik didukung dengan adanya monitoring dan evaluasi berkelanjutan selama 3 tahun ke depan, termasuk adanya bimtek dari pihak PSTA kepada pemerintah kota Bandung untuk mentransfer pemahaman lebih lanjut terkait sains dan teknologi atmosfer agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat sesuai dengan tujuannya.

Dilakukannya penandatanganan PKS ini membuka harapan bagi pemerintah kota Bandung agar masyarakat kota Bandung dapat mengantisipasi bencana banjir yang kerap kali terjadi ketika musim hujan. Dengan adanya informasi dari DSS SADEWA dan SANTANU melalui pengamatan CCTV pada Bandung Command Center, dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat secara cepat, tepat, dan aktual.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL