Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA mendapatkan Anugrah “Prayoga Sala” dari Kemenristekdikti
Penulis Berita : • Fotografer : • 14 Aug 2018 • Dibaca : 343 x ,

Pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau pada 10 Agustus 2018 yang lalu Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA), LAPAN mendapatkan Peringkat Pertama Anugrah Prayoga Sala dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Prayoga Sala adalah anugerah yang diberikan kepada Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang merupakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) serta telah tersertifikasi KNAPPP (Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan) untuk mengapresiasi prestasi Lembaga Litbang yang telah membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi. PSTA telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Bidang Pemodelan Atmosfer pada 14 Desember 2017 dan berlaku sampai dengan 2020. Sementara sertifikasi akreditasi KNAPPP sejak 30 Mei 2018 dan berlaku hingga 30 Mei 2021. Pemberian Anugrah Prayoga Sala langsung diserahkan oleh Kemenristekdikti, Muhammad Nasir didampingi Gubernur Riau dan mantan Presiden RI ke-2 B.J. Habibie.

Selain Anugrah Prayoga Sala, pada kesempatan ini juga diberikan Anugrah Iptek lainnya seperti Anugrah Budhipura (kepada Provinsi yang telah membangun Sistem Inovasi Daerah), Anugrah Budhipraja (kepada pemerintah daerah tingkat II yang telah membangun sistem inovasi daerah), Anugrah Widyapadhi (kepada perguruan tinggi yang telah membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi), Anugrah Abyudaya (kepada industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan dan membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi), Anugrah Widya Kridha (lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi), Anugerah Adibrata (untuk mengapresiasi prestasi masyarakat ilmiah dalam menghasilkan produk inovasi) dan terakhir Anugerah Labdha Kretya (untuk mengapresiasi prestasi masyarakat umum dalam menghasilkan produk inovasi). Anugerah IPTEK 20183 diberikan dengan tujuan agar dapat mendorong para pelaku inovasi baik individu, organisasi, maupun lembaga untuk memacu mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah baik dengan cara kemitraan atau individu. Masing-masing Anugrah Iptek diberikan kepada tiga peringkat (Peringkat Pertama, peringkat ke dua, dan peringkat ke tiga).

Berikut daftar peringkat Pertama Anugrah Iptek 2018. Anugrah Prayoga Sala peringkat pertama diberikan kepada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Anugrah Budhipura peringkat pertama diberikan kepada provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Anugrah Budhipraja peringkat pertama diberikan kepada Kabupaten Magelang. Anugrah Widyapadhi peringkat pertama diberikan kepada Institut Pertanian Bogor (IPB). Anugrah Abyudaya peringkat pertama diberikan kepada PT. Industri Kereta Api (PT. INKA). Anugrah Widya Kridha peringkat pertama diberikan kepada Cikarang Techno Park. Selamat kepada PSTA tetap jaya selalu.

(Diseminasi PSTA LAPAN/LSP)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL