Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA LAPAN Menjalin Kerjasama dengan Pemda Kota Bandung dalam Pemanfaatan Sains dan Teknologi Atmosfer
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Jun 2018 • Dibaca : 148 x ,

Bandung, Jumat (08/06/2018), Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MOU) dengan Pemeritah Kota Bandung. Penandatanganan kesepakatan yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Bandung tersebut, dilakukan oleh Sekretaris Utama (Sestama) LAPAN, Erna Sri Adiningsih sebagai perwakilan pihak LAPAN dengan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin.

Disampaikan oleh Sestama LAPAN, tugas pokok dan fungsi LAPAN yaitu sebagai lembaga litbang yang memanfaatkan hasil pengamatan baik secara insitu maupun dengan bantuan satelit, kemudian melakukan penelitian dan pengembangan yang selanjutnya diberikan kepada masyarakat dalam bentuk layanan.

Program utama LAPAN yang disebut sebagai Layanan Satu LAPAN terdiri dari :

  1. Layanan berbasis Kompetensi termasuk sains penerbangan, teknologi, pengetahuan, serta kebijakan penerbangan dan antariksa.
  2. Layanan berbasis Aplikasi seperti pemanfaatan data yang dikembangkan dalam Sistem Pendukung Keputusan/Decision Support System (DSS) dalam penanggulangan bencana (SADEWA, SANTANU, SIMBA, SIPANDA, dsb), dimana produk – produk tersebut dapat mempercepat pelayanan informasi dan memudahkan pengguna.
  3. Layanan berbasis Unit Kerja yang terdiri atas pusat teknis, pusat pemacu, biro penggerak, inspektorat, dan balai pengamatan.

Layanan Manajemen untuk kementerian dan lembaga, dimana layanan tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna sampai lini yang paling bawah.

Sestama LAPAN melanjutkan, oleh karena itu adanya kerjasama dengan stakeholder (pemerintah daerah/kota) menjadi sasaran yang tepat agar layanan sampai kepada seluruh lapisan masyarakat. Di samping itu, berdasarkan amanat dalam UU No. 21 tahun 2013 tentang keantariksaan, LAPAN menjadi komponen pengembangan IPTEK antariksa untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat Indonesia. Semoga layanan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh LAPAN dapat dimanfaatkan oleh daerah.

Berdasarkan sudut pandang Pemerintah Kota Bandung, disampaikan oleh Pjs Wali Kota Bandung terkait bencana banjir yang kerap kali terjadi di lingkungan Kota Bandung, sebenarnya bukan berasal dari kota Bandung itu sendiri. Namun karena wilayah yang sering terkena dampak berada dalam wilayah cekungan Bandung, Kota Bandung menjadi wilayah yang terkena dampaknya, baik berupa kerugian materiil maupun inmateriil.

Sehingga perlu adanya antisipasi sejak awal terkait cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, puting beliung, dsb) untuk Kota Bandung. Pemanfaatan aplikasi seperti SADEWA dan SANTANU sangat diperlukan guna menjadi informasi dan mitigasi bencana bagi warga Kota Bandung.

Pembahasan terkait kerjasama pemanfaatan sains dan teknologi atmosfer ini sebelumnya telah dilakukan pada 30 Mei 2018 di kantor PSTA LAPAN. Pihak Pemda Bandung dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Ahyani Raksanagara mengajak jajaran terkait seperti Kabid Statistik, Kabid Damkar (kebencanaan), Kabid Infrastruktur, Kasi Pengelolaan Aplikasi, Kasi Layanan Data, DPU, dan Biro Kerjasama.

Pihak PSTA LAPAN dipimpin oleh Kepala Pusat, Halimurrahman mengenalkan dengan tim teknis SADEWA, SANTANU, dan DATA CENTER untuk memberikan penjelasan secara detail terkait sistem kerja dan pemanfaatan aplikasi untuk masyarakat, khususnya masyarakat Kota Bandung.

Dengan dilakukannya penandatanganan kesepakatan bersama ini, Pemerintah Kota Bandung berharap masyarakat Kota Bandung dapat mengantisipasi bencana banjir dengan adanya informasi dari SADEWA dan SANTANU melalui pengamatan CCTV pada Bandung Command Center, serta dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat secara cepat dan aktual. Pemerintah Kota Bandung juga mengharapkan pihak PSTA dapat memberikan pengetahuan secara umum terkait sains dan teknologi atmosfer kepada pihak Dinas terkait melalui pelatihan dan bimtek, agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat sesuai dengan tujuannya.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL