Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PARACITA ATMALOKA 2018 : Save Our Earth for Better Future
Penulis Berita : • Fotografer : • 14 May 2018 • Dibaca : 440 x ,

Bandung – PSTA. Sabtu (12/05/2018), PSTA LAPAN kembali menyelenggarakan Open House bernama Perayaan Cinta Atmosfer dan Lingkungan (PARACITA ATMALOKA) dalam rangka memperingati hari bumi sedunia yang dirayakan setiap tanggal 22 April sekaligus hari lingkungan hidup sedunia yang dirayakan setiap tanggal 05 Juni. Pada tahun ini, dengan mengusung tema “Apa yang dapat kita lakukan untuk memelihara bumi?”, PSTA LAPAN kembali mengajak warga se-Bandung Raya – Cimahi untuk ikut berpartisipasi dalam memelihara bumi melalui PARACITA ATMALOKA.

Pembukaan mini workshop yang merupakan sekaligus pembukaan acara PARACITA ATMALOKA 2018, dilakukan oleh Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jabar, Ahmad Hadadi. Sebelumnya disampaikan pula laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana, Atep Radiana, bahwa PARACITA ATMALOKA adalah Peringatan Hari Bumi dimaksudkan sebagai pengakuan bahwa Bumi sangat berguna bagi seluruh kehidupan manusia, juga makhluk hidup.

Saat ini Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan Bumi dan lingkungan hidup. Padahal untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab Pemerintah , ataupun perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak. Maka dengan dilaksanakannya PARACITA ATMALOKA 2018 ini, sesuai dengan tujuannya diharapkan acara ini dapat :

  1. Menciptakan kepedulian sejak dini bagi Pelajar sebagai PENERUS BANGSA untuk lebih peduli serta berpartisipasi aktif dalam memelihara Bumi, dan penyelamatan lingkungan.
  2. Menumbuh kembangkan kreativitas untuk ikut berkontribusi aktif dalam memelihara Bumi dan penyelamatan lingkungan walaupun sifat hal sederhana.
  3. Menciptakan kemampuan untuk bersikap kritis dan peduli terhadap kondisi lingkungan saat ini.
  4. Mensosialisasikan hasil penelitian PSTA kepada pengunjung.
  5. Memberi pengetahuan umum tentang bumi melalui permainan yang menghibur.

 

Acara inti dari mini workshop ini, yaitu penjelasan materi terkait “Menuju Green and Smart School” disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi PSTA, Lilik Slamet Suprihatin. Dijelaskan bahwa kementerian lingkungan hidup sudah mencanangkan program Green School melalui Program Sekolah Adiwiyata. Program Adiwiyata ini diharapkan dapat menuju Adipura sebagai penghargaan untuk Kota terbersih. Hal ini disebabkan warga sekolah juga warga kota. Dengan penanaman cinta lingkungan pada diri pelajar, maka mereka akan menjaga lingkungan dimanapun mereka berada termasuk kota tempat mereka tinggal hingga akan terwujud untuk meraih adipura.

Sementara smart school merupakan program untuk sekolah yang telah menggunakan informasi online dan real time untuk pelayanan warga sekolah termasuk di dalamnya adalah pengumuman sekolah, ulangan harian dan ulangan umum serta ujian. Pengunaan layanan informasi online dan real time akan mengakibatkan paper less yang berarti mengurangi penebangan pohon di hutan (sebagai bahan mentah kertas) dan mengurangi pemakaian pemutih dan mengurangi limbah ke badan air. Kontribusi PSTA pada program smart school terletak pada penggunaan DSS SANTANU dan SADEWA sebagai pemberi informasi online dan real time kepada pelajar terkait kondisi cuaca dari rumah ke sekolah, sehingga dapat siap siaga membawa payung atau menentukan jalan alternatif jika terjadi hujan lebat yang menyebabkan banjir. Acara diakhiri dengan sesi diskusi dari peserta mini workshop dan penyaji.

Beranjak ke acara pameran yang dilaksanakan di lapangan upacara LAPAN Bandung, beragam wahana menarik dan mengedukasi disajikan untuk para pengunjung yang berasal dari berbagai macam latar belakang dan usia. Pameran yang disajikan diantaranya: produk - produk DSS PSTA LAPAN (SADEWA, SEMAR, SRIRAMA, SANTANU, dan SRIKANDI), Simulasi Gunung Meletus, Pelangi Warna, serta games mengedukasi “Mr. Bean” dan “Uno Stacko”. Hadir pula stand khusus dari KSHU LAPAN juga produk sponsor dan bazaar yang ikut merayakan acara ini.

Selain pameran yang disajikan, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya PARACITA ATMALOKA tahun ini menyelenggarakan berbagai lomba yang mengasah kreativitas siswa SMA/SMK se-Bandung Raya Cimahi dalam memahami fenomena cuaca dan iklim, serta bumi dan lingkungan Indonesia, melaui lomba “Reportase Bumi dan Lingkungan”, lomba “Karya Tulis Ilmiah (KTI)” yang juga diikuti oleh masyarakat umum, serta lomba “Debat”. Dari puluhan peserta yang ikut meramaikan, didapatkan 3 Pemenang pada setiap perlombaan.

Juara Lomba Reportase ke 1 – 3 dimenangkan oleh Nurul Wahidah Qurottu'ayni Manik dari SMAN 23 Bandung, Farraz Arsyeila dari MAN 1 Bandung, dan Vina Agustin dari SMA Kartika XIX-2 Bandung. Juara Lomba Debat ke 1 – 3 dimenangkan oleh tim dari SMAN 20, SMA Angkasa, dan SMAN 14. Juara Lomba KTI ke 1 – 3 kategori SMA dimenangkan oleh Devina Alfiani P dari SMAN 22 Bandung, Qolbi Luthfiansyah Sufiana dari SMAN 27 Bandung, dan Raffyanda Muhammad Indrajaya dari SMAN 23 Bandung. Sementara pemenang lomba KTI kategori umum adalah Giyat Nuraeni dan tim dari ITB.

Selain siswa SMA, dilaksanakan pula perlombaan untuk mengasah kreativitas siswa SMP se-Bandung Raya Cimahi melalui lomba “Duta Bumi LAPAN”. Perlomaan yang serupa dengan ranking 1 ini diikuti oleh kurang lebih 30 siswa SMP dan dimenangkan oleh 3 Juara, atas nama Nadila Gusriyani dan Zahara Nur Mutiara dari SMAN 26 Bandung, serta Cracelia Christy dari SMPK Trimulia. Para siswa SD juga tak kalah menunjukkan kebolehannya dengan mengikuti lomba “Mewarnai Tas Blacu”. Lomba mewarnai ini dibedakan menjadi 2 kategori :

  1. Kelas 1-3 dimenangkan oleh Zia Zaina Zulayka Adrienne dari SD Muhammadiyah 1, Deandra Gladys Purnama dari SDN Angkasa 05, dan Ghaina Fathiyyah Azzahra dari SD Islam Al Kautsar Cibeureum.
  2. Kelas 4-6 dimenangkan oleh Qanita Zamira dari SDN Angkasa 05, Zahra Tsumrotul dari SDN Sarijadi, dan Kezia Risty Asyifa dari SD Merdeka

Acara ditutup pukul 12.00 WIB oleh Kepala PSTA, Halimurrahman, dengan beberapa pesan kepada para pengunjung untuk tetap meningkatkan kepekaan dalam memelihara bumi dan lingkungan. Masa depan yang baik akan tercipta bila kondisi bumi juga baik, dan bumi yang baik akan tercipta apabila kita sebagai penghuninya dapat menjaga dan memeliharanya dengan baik. “Save Our Earth for Better Future”, ayo ramaikan kembali PARACITA ATMALOKA 2019!

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443
Email: tatausaha[dot]psta[at]gmail[dot]com ; psta[at]lapan[dot]go[dot]id



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL