Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA Menyelenggarakan Bimtek Sistem Pendukung Keputusan di Kota Pontianak
Penulis Berita : • Fotografer : • 27 Apr 2018 • Dibaca : 740 x ,

Pada hari Selasa, 17 April 2018 Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN yang berkantor di Bandung menyelenggarakan Bimbingan Teknis 5 Sistem Pendukung Keputusan atau Decision Support System (DSS) yang dimiliki dan merupakan hasil litbang PSTA. Kelima DSS tersebut adalah Sadewa (Satelite-based Disaster Early Warning System), Santanu (Sistem Pemantau Hujan Spasial), Srikandi (Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia), Srirama (Sistem Informasi Perubahan Iklim Indonesia), dan Semar (Sistem Embaran Maritim).

Acara Bimtek ini dilaksanakan di ruang rapat Walikota Pontianak yang dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan oleh ke dua belah pihak (PSTA dan Walikota Pontianak). Acara Bimtek ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari 9 kedinasan terkait di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak dan akademisi dari Universitas Tanjung Pura serta Balai Pengamat Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Pontianak. Setelah sambutan, acara Bimtek ini diteruskan dengan presentasi Profil LAPAN dan PSTA oleh Kepala Bidang Diseminasi PSTA. Dari kota Pontianak sendiri menghadirkan pemaparan dari Kepala Bidang Layanan Elektronika (Syamsul Akbar) yang membahas tentang Smart City di Pontianak. Setelah itu berturut-turut nara sumber dari peneliti PSTA menyampaikan produk DSS yang dimulai dari Laras Tursilowati dengan DSS Srirama, Iis Sofiati dengan DSS Semar, Waluyo Eko Cahyono dengan pemaparan DSS Srikandi dan pemantauan kualitas udara. Acara berhenti sementara untuk makan siang dan sholat zuhur yang sebelumnya dilakukan diskusi umum. Antusias peserta tampak dari ketika diskusi dibagi menjadi dua termin dan dari Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kota Pontianak berniat melakukan kerja sama dengan PSTA setelah melihat DSS Semar dipresentasikan. Menurut Dinas tersebut ada yang lebih dari DSS Semar yang membedakannya dengan Sistem Informasi sejenis yang Dinas ini sudah miliki dan diperoleh dari instansi lain.

Setelah rehat selama 1 jam, acara dimulai lagi tepat pada jam 13: 00 yang dimulai oleh presentasi peneliti PSTA, Soni Aulia Rahayu yang memaparkan tentang Santanu dan memberikan bimtek singkat aplikasi ini. Setelah Ayu, acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Farid Lasmono yang memberikan bimtek tentang aplikasi sistem Sadewa. Sadewa merupakan informasi peringatan dini kondisi cuaca saat ini dan dapat memprediksi kondisi cuaca sampai dua hari ke depan pada resolusi 5 km. Setelah ke dua narasumber menyajikan presentasinya, acara dilanjutkan dengan diskusi. Acara ditutup tepat pada pukul 15:30 WIB yang ditutup oleh Kepala Bidang Diseminasi PSTA (Lilik Slamet S).

Kegiatan Bimtek DSS yang dimiliki PSTA ini adalah untuk mengisi perjanjian kerja sama (PKS) yang telah ditandatangani PSTA dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak juga sebagai kewajiban dari PSTA terhadap Pemerintah Kota Pontianak. Perlu untuk diketahui PKS antara PSTA dan Diskominfo Kota Pontianak telah ditandatangani pada 25 Januari 2018 silam dan berlaku selama tiga tahun ke depan.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pre test dan post test terhadap peserta bimtek. Pre test dan post test ini salah satunya bertujuan untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan ini. Evaluasi dari kegiatan bimtek PSTA terdiri dari dua jenis yaitu evaluasi peserta bimtek dan evaluasi panitia bimtek. Evaluasi peserta bimtek dilakukan dengan pre test dan post test sedangkan evaluasi kepanitiaan bimtek oleh adanya survey kepuasan masyarakat (SKM). Berdasarkan SKM yang diisi oleh peserta bimtek dapat diketahui indeks kepuasan masyarakat terhadap bentuk layanan PSTA ini.

Rombongan PSTA di kota Pontianak tidak hanya menyelenggarakan bimtek, tetapi juga melaksanakan penyusunan kerangka acuan kerja (KAK) dari PKS yang telah ditandatangani ke dua belah pihak. KAK ini berisi kegiatan detail (rinci) dari masing-masing kewajiban yang diemban oleh ke dua belah pihak menurut waktu dan mencakup anggaran biayanya. Penyusunan KAK dilaksanakan pada Rabu, 18 April 2018 di kantor Diskominfo Kota Pontianak.

Pada kesempatan yang sama di Diskominfo Kota Pontianak juga sedang mendapat kunjungan dari Pemerintah Kota Salatiga Jawa Tengah. Setelah mendapatkan izin dari pihak Diskominfo kota Pontianak, PSTA mempresentasikan produk DSS yang dimiliki PSTA. Walaupun hanya mendapatkan kesempatan waktu yang sedikit, tetapi dari pihak Pemerintah Kota telah mendapatkan file presentasi PSTA.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL