Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Evaluasi Triwulan I Tahun 2018 : Transparansi Riset Desain PSTA dengan Melaksanakan Reformasi Birokrasi
Penulis Berita : • Fotografer : • 04 Apr 2018 • Dibaca : 533 x ,

Bandung (PSTA), Senin-Selasa (2-3/4/2018), seluruh pegawai Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN melaksankan evaluasi triwulan (3 bulanan) pertama tahun 2018. Sebagaimana evaluasi pada tahun sebelumnya, evaluasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sains Atmosfer dan dipandu oleh koordinator ilmiah PSTA, Rosida selaku moderator dan dilanjutkan pemaparan Kepala PSTA, Halimurrahman. Dalam paparannya, Kepala PSTA menyampaikan beberapa tujuan dilaksanakannya evaluasi triwulan pertama ini, yaitu mengingatkan tupoksi, visi dan misi PSTA kepada seluruh pegawai dengan melaksanakan reformasi birokrasi.

Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Selain itu dengan sangat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat. Oleh karena itu reformasi dan birokrasi perlu dilaksanakan di lingkungan PSTA guna terwujudnya cita-cita untuk menjadi center of excellence.

Untuk melaksanakan reformasi birokrasi tersebut, bidang Program dan Fasilitas (PDF) menyampaikan riset desain terkait sistem pendukung keputusan (DSS) PSTA yang mendukung sistem pemtauan maritim (SEMAR), yang mendukung sistem informasi pemantauan kebencanaan (SADEWA dan SANTANU), yang mendukung pemantauan lingkungan atmosfer (SRIKANDI), dan yang mendukung pemantauan perubahan iklim (SRIRAMA). Disampaikan pula oleh Kepala Bidang PDF terkait penggunaan fasilitas laboratorium, hasil publikasi para peneliti, perekayasa, dan litkayasa PSTA, serta penggunaan intranet dan virtual office untuk mendukung pelaporan, monitoring dan evaluasi serta ketatalaksanaan perkantoran bernama Narasi Atmosfer dalam Jaringan (NARADA).

Laporan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi terkait indikator kinerja utama (IKU) PSTA 2018 beserta kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh bidang Diseminasi. Kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh bidang Diseminasi diantaranya International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Sciences (ICTMAS), Open House Perayaan Hari Bumi (Paracita Atmaloka), Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT), Focus Group Discussion (FGD), bimbingan teknis (Bimtek), kunjungan, perjanjian kerjasama, Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau bimbingan tugas akhir siswa dan mahasiswa, serta publikasi dalam website PSTA (berita PSTA, PSTA dalam media, variabilitas iklim, dsb).

Presentasi Kelompok Penelitian (Poklit) disampaikan setelah laporan bidang PDF dan Diseminasi. Poklit Perubahan Iklim merupakan Poklit pertama yang mempresentasikan riset desainnya terkait penelitian basic science perubahan iklim smart city dan kebijakan RAN, penelitian dampak perubahan iklim : ketersediaan air dan lautan, serta pengembangan sistem informasi perubahan iklim (SRIRAMA).

Poklit selanjutnya yang menyampaikan riset desian adalah adalah Poklit Potensi Bencana Hidrometeorologi terkait pertumbuhan awan konveksi berdasarkan observasi dan model konveksi Satu dimensi, mekanisme terjadinya curah hujan ekstrem di atas BMI berdasarkan data indeks global khususnya data indeks MJO dan sikon tropis, serta desain riset pengembangan DSS potensi bencana hidrometeorologi (SADEWA) tahap 2.

Laporan Poklit Atmosfer Maritim disampaikan terkait pengembangan sistem prediksi musim wilayah Indonesia resolusi tinggi berbasis model dinamik, penelitian dinamika atmosfer-laut Indonesia untuk mendukung pengembangan DSS SEMAR, serta Pengembangan DSS SEMAR. Poklit Teknologi Atmosfer melaporkan desain penelitian terkait quality control data radar (SANTANU dan rransportable radar), BROWSING V2 (Bandung Radio Wave Sounding), dan pengembangan laboratorium terbang nasional untuk pengamatan atmosfer.

Poklit Lingkungan Atmosfer, sebagai poklit terakhir yang mempresentasikan riset desainnya, mempresentasikan terkait kualitas dan polusi udara di Sulawesi, Papua, dan NTT (Indonesia Timur), penelitian variabilitas kimia atmosfer (Ozon, CO, CH4, dan uap air) di wilayah BMI untuk mendukung DSS lingkungan (SRIKANDI), estimasi emisi karbon tahunan akibat perubahan tata guna lahan gambut dan analisis indeks UV untuk mendukung DSS SRIKANDI, dan pengembangan sistem informasi komposisi atmosfer Indonesia (SRIKADI) untuk mendukung penyusunan IKU Indonesia.

Setelah laporan tiap Poklit, sebagaimana evaluasi biasanya, PSTA dihadirkan pula Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Kototabang-Agam untuk melaporkan hasil kerja balai dalam pengamatan dan penelitian, seperti data – data yang dihasilkan dari AWS, EAR, ORG, XBAND, Radio Sonda, dsb. Disampaikan pula sosialisasi, bimbingan teknis, kunjungan, fasilitas balai, juga koordinasi terkait kerjasama dengan Jepang. Hadirnya perwakilan Balai Kototabang-Agam ini dimaksudkan agar adanya koordinasi dan kesamaan dalam penggunaan data untuk penelitian.

Laporan terakhir disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha PSTA terkait pemaparan informasi dan kegiatan bagian tata usaha PSTA-LAPAN. Dalam laporannya, dijelaskan terkait kepegawaian, keuangan, surat masuk dan keluar, kunjungan tamu, serta fasilitas PSTA selain fasilitas ruang penelitian.

Sesi diskusi dalam evaluasi ini berjalan objektif, terbuka dan lancar. Peserta evaluasi saling memberikan respon yang baik melalui pertanyaan serta saran dan masukkan yang berguna untuk menyempurnakan hasil kegiatan penelitian. Evaluasi kembali ditutup oleh Kepala PSTA dengan harapan evaluasi memberikan manfaat bagi seluruh pegawai dan adanya progress penelitian dan publikasi pada evaluasi selanjutnya.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL