Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


FGD NARADA : Upaya Realisasi Zona Integritas WBK/WBBM di PSTA
Penulis Berita : • Fotografer : • 21 Mar 2018 • Dibaca : 311 x ,

Bandung, Selasa (20/03/2018), Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Bandung menyelenggarakan Focus Group Discussion terkait sistem e-office untuk mendukung pelaporan, monitoring dan evaluasi serta ketatalaksanaan perkantoran bernama NARADA. Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Atmosfer ini dihadiri oleh pegawai LAPAN dari Biro SDM, KSHU, Inspektorat, Balai Sumedang, Pussainsa, dan PSTA sendiri.

Narasi Atmosfer dalam Jaringan (NARADA) merupakan aplikasi Intranet & Virtual Office PSTA-LAPAN sebagai sarana Komunikasi, Koordinasi, dan Kolaborasi (K3) antar pegawai di lingkungan PSTA. Dalam NARADA semua atau setiap kelompok dapat berkolaborasi dalam membuat dokumen secara bersama-sama (laporan, artikel, paper, dsb) dengan mengakses satu tempat untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai PSTA.

Sistem e-office yang masih masuk dalam tahap pengembangan ini diharapkan dapat mendukung upaya untuk merealisasikan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi/ dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBK/WBBM). Aplikasi NARADA juga meningkatkan efisiensi kerja dengan penerapan Online Document yang mendukung konsep paperless. Di samping itu, aplikasi NARADA ini juga menjadikan bebas kolusi antara pelapor dan pemeriksa laporan evaluasi yang dapat mewujudkan suasana kantor bebas korupsi.

Latar belakang dibentuknya NARADA ini yaitu dengan mengoptimalkan pemaanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pelaksanaan tugas dan fungsi, juga memodernisasi birokrasi, meningkatkan mutu layanan administrasi, serta penyederhanaan sistem, prosedur, mekanisme dan kontrol kerja yang efektif.

Sistem e-office yang dikembangkan PSTA ini dikelola oleh Laboratorium Program, Bidang Program dan Fasilitas berbasis plat form Tiki Wiki CMS Groupware. TIKI adalah singkatan dari Tightly Integrated Knowledge Infrastructure dan Wiki artinya cepat (quick). Tiki Wiki merupakan Content Management System (CMS), yaitu aplikasi untuk mengelola manajemen website. Tiki Wiki juga merupakan Groupware, yaitu aplikasi yang memfasilitasi untuk membangun kolaborasi antar pengguna.

Digunakannya platform Tiki Wiki dalam NARADA ini karena merupakan platform yang open development, open source, dan free serta mempunyai fitur yang paling banyak dan lengkap. Selain itu juga merupakan sistem yang stabil, kinerja baik, aman, dan kastemisasinya mudah serta dapat dijalankan oleh berbagai macam operating sistem (windows, mac, linux) dengan berbasis website yang dapat diakses dengan mudah oleh browser apapun.

Diskusi yang tercipta dalam FGD ini menjadi wadah berbagi pengalaman terkait pengembangan sistem e-office oleh PSTA, serta menjadi sarana untuk menerima saran, masukan, juga dukungan guna meningkatkan efisiensi, kinerja, produktivitas, kreativitas, dan sinergi, sebagai bagian dari Pusat Unggulan Iptek dan Reformasi Birokrasi.

(Diseminasi PSTA LAPAN/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL