Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Bimbingan Teknis SANTANU dan Sosialisasi DSS di Lingkungan PSTA
Penulis Berita : • Fotografer : • 09 Mar 2018 • Dibaca : 564 x ,

Pada 27 Februari hingga 2 Maret 2018 PSTA mengadakan pelatihan sistem pemantau hujan berbasiskan radar X-band dan sosialisasi DSS (Decision support system) yang dimiliki PSTA.

Pelatihan atau Bimtek (bimbingan teknik) sistem pemantau hujan berlangsung selama 3 hari dimulai pada Senin, 27 Februari hingga Kamis, 1 Maret 2018. Peserta pelatihan berasal dari teknisi dan staf BPAA (Balai Pengamat Antariksa dan Atmosfer) Agam, BPAA Pontianak, BPAA Sumedang dan anggota poklit (kelompok penelitian) Teknologi Pemantauan Atmosfer PSTA. Bimtek ini diadakan sehubungan akan dan telah dipasangnya serta beroperasinya radar Furuno di ketiga BPAA tersebut. Radar Furuno merupakan radar kapal laut yang fungsi awalnya untuk mendeteksi keberadaan benda-benda (kapal lain, batu karang dan lainnya) di sekitar kapal. Teknologi filtering dan pemisahan sinyal yang dikembangkan oleh para peneliti PSTA telah menjadikan radar Furuno dapat menangkap sinyal kejadian hujan sehingga dapat mengestimasi hujan secara spasial dan digunakan pada Sistem pemantau Hujan Spasial (SANTANU).

Acara Bimtek ini diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Bapak Halimurrahman. Dalam sambutannya, Bapak Halimurrahman, menyampaikan pentingnya kegiatan bimtek sistem pemantau hujan dan menghimbau para peserta kegiatan bimtek untuk memahami materi yang akan disampaikan oleh narasumber yang dapat menunjang untuk kegiatan aplikasi di ketiga Balai.

Pada kegiatan pelatihan sistem pemantau hujan dipaparkan mengenai pengenalan radar, pengenalan SANTANU dan Furuno, dan akuisisi data dengan narasumber Bapak Ginaldi Ari dan Ibu Tiin Sinatra. Peserta tidak hanya dibekali secara teori, namun juga dilatih untuk praktik secara langsung. Dimulai dari instalasi awal sistem SANTANU hingga melakukan troubleshooting penggantian megatron pada radar SANTANU. Selain itu juga dilakukan pelatihan cara pengolahan data dari radar SANTANU.

 

Pada hari Jum’at tanggal 2 Maret 2018 sebagai kelanjutan dari kegiatan pelatihan sistem pemantau hujan, dilaksanakan sosialisasi DSS di Lingkungan PSTA. Kegiatan sosialisasi DSS ini dihadiri 14 Dinas terkait yang terdapat di Bandung Raya (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat).

Acara sosialisasi DSS dibuka secara resmi oleh Bapak Halimurrahman selaku Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Pada acara sosialisasi ini para peserta mendapatkan informasi mengenai 5 DSS produk PSTA. Informasi setiap DSS dipaparkan oleh narasumber yang kompeten dibidangnya, diantaranya SANTANU (Sistem Pemantauan Hujan) dijelaskan oleh Bapak Ginaldi Ari, SADEWA (Satellite Based Disaster Early Warning System) dijelaskan oleh Bapak Farid Lasmono, SEMAR (Sistem Embaran Maritim) dijelaskan oleh Bapak Candra Nur Ihsan, SRIRAMA (Sistem Informasi Perubahan Iklim Indonesia) dijelaskan oleh Bapak Edy Maryadi, dan SRIKANDI (Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia) dijelaskan oleh Ibu Nani Cholianawati. Para peserta begitu fokus saat pemaparan informasi DSS dan juga antusias pada saat sesi tanya jawab. Sebelum acara selesai, para peserta juga diajak untuk mengunjungi ASTINA dan Data Center. Acara sosialisasi DSS ditutup oleh Bapak Lilik Slamet selaku Kepala Bidang Diseminasi PSTA dan selesai pada pukul 14.30 WIB sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL