Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Siswa – Siswi TK Tunas Unggul Mengenal Musim di Indonesia
Penulis Berita : • Fotografer : • 07 Feb 2018 • Dibaca : 357 x ,

Membentuk pemahaman tentang lingkungan sekitar perlu dilakukan sedini mungkin. Hal ini disadari oleh tim pengajar TK Tunas Unggul, sehingga murid-muridnya diajarkan mengenai tipe-tipe musim di Indonesia. Tidak hanya belajar di dalam kelas, sejumlah 60 siswa bersama dengan 7 orang guru TK Tunas Unggul, juga belajar mengenai musim dengan berkunjung ke Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, LAPAN pada hari Rabu (7 Februari 2018).

Kegiatan kunjungan terbagi menjadi 3 agenda utama, setelah diawali dengan sambutan oleh perwakilan PSTA LAPAN yaitu oleh Djoko Trianas. Agenda pertama yaitu penyampaian materi tentang Musim di Indonesia oleh Anis Purwaningsih dan Amalia Nurlatifah. Materi berisi tentang jenis musim yang ada di Indonesia beserta ciri-cirinya, proses terjadinya hujan, jenis-jenis bencana di Indonesia. Selain penyampaian materi, pada sesi ini juga terdapat pemutaran video mengenai mitigasi bencana banjir dan proses terjadinya hujan. Kemudian agenda dilanjutkan dengan pengenalan SANTANU (mobile radar). Peserta diajak untuk melihat radar SANTANU yang terdapat di mobil dan dijelaskan mengenai cara bekerja dan kegunaannya oleh Ginaldi Ari W. Kegiatan selanjutnya yaitu simulasi gunung berapi dan tiup balon yang melibatkan peran aktif peserta kunjungan. Mayoritas peserta mendapat kesempatan untuk terlibat langsung dan melakukan eksperimen dengan bimbingan Indra Kurniawan.

Antusiasme peserta dapat dilihat dari keaktifan dan keceriaan peserta. Peserta menjawab setiap pertanyaan yang diajukan selama kegiatan berlangsung dengan percaya diri. Peserta juga mengambil peran dalam kegiatan eksperimen dengan semangat. Keaktifan peserta terus terjaga sampai acara berakhir, yaitu pukul 11.00. Kegiatan diakhiri dengan penutupan dan penyerahan kenang-kenangan oleh pihak TK Tunas Unggul maupun PSTA LAPAN.

(Tim Diseminasi PSTA)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL