Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA menuju Zona WBK dan WBMM
Penulis Berita : • Fotografer : • 01 Feb 2018 • Dibaca : 825 x ,

Banyak orang bertanya-tanya apa singkatan dari WBK dan WBMM. Wilayah Bebas Korupsi disingkat menjadi WBK sedangkan WBBM adalah kepanjangan dari Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. WBK dan WBBM merupakan dua program nasional dari Reformasi Birokrasi bagi setiap kementerian atau lembaga pemerintah yang digelontarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kedeputian Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer boleh berbangga. Pasalnya ke dua satuan kerja (PSTA dan Pussainsa) yang berada di bawah Kedeputian Sains Antariksa dan Atmosfer menjadi pilot project dari dua program RB ini. Penetapan PSTA dan Pussainsa sebagai sampel LAPAN untuk WBK dan WBBM tidak ditentukan begitu saja, tetapi melalui seleksi dan penghitungan parameter building capacity dan pelayanan kepada pengguna (user) yang dilakukan baik oleh Kementerian PAN-RB maupun Inspektorat LAPAN.

Pada rentang waktu 30 Januari – 1 Februari 2018 Tim dari Inspektorat LAPAN berkunjung ke LAPAN Bandung untuk menghitung ulang parameter building capacity dan pelayanan. Untuk menjadi instansi berpredikat WBK, maka nilai dari parameter building capacity dan pelayanan minimal adalah 75. Hasil perhitungan untuk PSTA masih bernilai 70,78 sehingga masih dibutuhkan lagi sekitar 5 point untuk menjadi satker dengan predikat WBK. Kekurangan 5 point untuk PSTA tidak siknifikan dikarenakan hanya kurang dari dokumen pendukung saja. Pada bulan April mendatang Tim Inspektorat akan datang lagi ke LAPAN Bandung untuk mengecek kekurangan dari audit sebelumnya yang dilakukan pada 30 Januari – 1 Februari 2018. Selamat untuk PSTA semoga dapat menjadi satker berpredikat WBK dan WBBM serta teladan bagi satker-satker lain di LAPAN.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443
Email: tatausaha[dot]psta[at]gmail[dot]com ; psta[at]lapan[dot]go[dot]id



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL