Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


LAPAN menandatangani MOU dan PKS dengan Pemerintah Kota Pontianak
Penulis Berita : • Fotografer : • 26 Jan 2018 • Dibaca : 841 x ,

Pada Kamis, 25 januari 2018 bertempat di Pontiv Centre (Pontianak Interaktiv) Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak ditandatangani Nota Kesepahaman (MOU) antara Sekretaris Utama LAPAN (Bapak Ir. Ignatius Layola Arisdio, MSc) dengan Walikota Pontianak (Bapak Sutarmidji) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan dan Umum (KSHU) LAPAN dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkot Pontianak. Pada kesempatan Ka. Biro KSHU diwakili oleh Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Ir. Halimurrahman, MT. Nota kesepahaman dan PKS antara ke dua instansi pemerintah ini berkenaan dengan pemanfaatan penelitian dan pengembangan sains penerbangan dan antariksa untuk penyelenggaraan pemerintah Kota Pontianak yang menuju Smart City.

Pada penandatanganan tersebut dihadiri pula oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaludin, MSc yang sekalian sebelumnya mengadakan kunjungan ke Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Pontianak. Pada sambutannya Kepala LAPAN menjelaskan logo dari LAPAN yang memiliki 4 pola seperti elips yang kesatuannya menggambarkan sebuah roket. Ke 4 pilar LAPAN tersebut adalah sains antariksa dan atmosfer, teknologi dirgantara, penginderaan jauh, serta kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Selain itu Bapak Kepala juga menjelaskan konsep “Satu LAPAN” dan slogan LAPAN “LAPAN unggul Indonesia Maju, LAPAN melayani Indonesia Mandiri”.

Salah satu ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama antara LAPAN dengan Pemkot Pontianak yang berasal dari produk PSTA adalah diintegrasikannya SADEWA dan SANTANU dalam informasi on line Pemkot Pontianak yang  diberi nama “Gencil”. SADEWA adalah sistem peringatan dini curah hujan dan SANTANU merupakan sistem pemantau hujan spasial. Keduanya baik SADEWA maupun SANTANU sangat diperlukan sekali oleh Pemkot Pontianak sebagai kota yang akan menuju “Smart City”. Ruang lingkup lain dari perjanjian ini adalah informasi hot spot dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL