Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SMA Negeri Tanjungkerta Mengenal Tata Surya dan Dinamika Atmosfer
Penulis Berita : • Fotografer : • 25 Jan 2018 • Dibaca : 569 x ,

Mengetahui dinamika dan karakteristik atmosfer merupakan hal yang penting, mengingat segala aktivitas manusia selalu berkaitan dengan atmosfer. Hal tersebut menjadi latar belakang para peneliti di PSTA LAPAN menyampaikan materi tentang dinamika dan karakteristik atmosfer kepada siswa-siswi SMA Negeri Tanjungkerta dalam kegiatan kunjungan di Balai Penelitian Antariksa dan Atmosfer LAPAN Sumedang (BPAA Sumedang). Kegiatan dilakukan pada hari Kamis (25/1/2018) di BPAA Sumedang dengan peserta yaitu sekitar 167 orang siswa kelas 10 dan 47 guru. Pada acara kunjungan tersebut, diperkenalkan profil LAPAN khususnya BPAA Sumedang dan Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer serta diberikan informasi pula mengenai keilmuan yang dipelajari di Kedeputian Sains Antariksa dan Atmosfer yaitu tentang Sistem Tata Surya dan Dinamika Atmosfer.

Acara berjalan lancar mulai dari pembukaan hingga akhir. Acara dimulai pada pukul 11.00 dan diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelahnya acara dilanjutkan dengan sambutan dan perkenalan BPAA Sumedang dan LAPAN dari Bapak Agus Salim selaku perwakilan dari BPAA Sumedang LAPAN. Karena memasuki waktu dzuhur, peserta dipersilakan untuk menjalankan ishoma pada pukul 11.30-12.30. Selepas istirahat, peserta memasuki kegiatan inti yaitu penjelasan mengenai Sistem Tata Surya dan Dinamika Atmosfer. Tak hanya penjelasan di ruang kelas, peserta kunjungan juga mempunyai kesempatan untuk mencoba berbagai alat dan fasilitas yang ada di BPAA Sumedang.

Kegiatan inti kunjungan dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, peserta merupakan siswa dan siswi program Ilmu Pengetahuan Alam sedangkan pada sesi dua peserta merupakan siswa/i program Ilmu Pengetahuan Sosial. Materi yang disampaikan pada masing-masing sesi sama, yaitu tentang Sistem Tata Surya dan Dinamika Atmosfer. Materi tentang dinamika atmosfer sendiri disampaikan oleh peneliti dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer yaitu Amalia Nurlatifah, S.Si. dan Anis Purwaningsih, S.Si. Pada kesempatan tersebut, narasumber PSTA menjelaskan bahwa pergerakan atmosfer di muka bumi sangatlah dinamis dengan komposisi atmosfer yang juga beragam. Pergerakan atmosfer tersebut yang akhirnya dapat menyebabkan hujan, kekeringan, ataupun pergantian musim di suatu daerah. Dijelaskan pula bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi dan adanya siklus alami bumi, perubahan iklim dapat terjadi karena meningkatnya komposisi gas rumah kaca di atmosfer. Materi tentang Sistem Tata Surya disampaikan oleh peneliti dari BPAA Sumedang Gerhana Puanandra. Pembahasan terkait materi tata surya meliputi profil dan karakteristik seluruh planet yang termasuk anggota di galaksi Bima Sakti.

(Tim Diseminasi PSTA LAPAN)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443
Email: tatausaha[dot]psta[at]gmail[dot]com ; psta[at]lapan[dot]go[dot]id



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL