Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


LAPAN Hilirisasi Penelitian dan Perekayasaan Atmosfer
19 Oct 2017 • Dibaca : 631 x ,

Pengetahuan mengenai sains dan teknologi atmosfer sangat penting dalam kehidupan manusia. Contohnya yaitu untuk mendeteksi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi terkait keselamatan pelayaran dan penerbangan. Dengan demikian, penelitian terkait atmosfer perlu diketahui berbagai pihak.

Untuk itu, LAPAN akan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dan diseminasi hasil penelitian dan pengembangan (litbang) sains dan teknologi atmosfer pada Rabu dan Kamis, 18 dan 19 Oktober 2017. Acara tersebut akan berlangsung di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN, Jl. Dr. Junjunan No. 133, Bandung, Jawa Barat. Kedua acara tersebut bertujuan untuk menelusuri, meningkatkan pemahaman, dan mendiseminasikan peluang pemanfaatan hasil litbang serta fasilitas PSTA LAPAN.

Hal itu disampaikan oleh Kabag Humas LAPAN Ir Jasyanto Sahoer,FGD akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2017 mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di Auditorium LAPAN, Bandung. Pada FGD ini akan difokuskan pada pembahasan terkait hilirisasi hasil litbangyasa dan fasilitas PSTA LAPAN dalam mendukung penelitian kimia dan lingkungan atmosfer, pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa, serta pengendalian pencemaran udara dan kerusakan lingkungan. FGD akan dihadiri Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PPU-KLHK), serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi, Kota Sungai Penuh, dan Kota Surabaya.

Guna mendukung penelitian terkait atmosfer, LAPAN juga akan meresmikan pusat data sains antariksa yang akan diberi nama Indraprsta (Informasi di Graha Pranata Sains dan Teknologi Atmosfer). Peresmian akan berlangsung pada Kamis, 19 Oktober 2017 pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, juga akan diselenggarakan penyerahan sertifikat laboratorium pengujian SNI ISO/IEC17025:2008 oleh KAN kepada Laboratorium Kimia PSTA LAPAN, soft launching Decision Support System (DSS) atau Sistem Embaran Maritim (SEMAR), dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan beberapa mitra. Dengan adanya FGD dan diseminasi ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan hasil litbang LAPAN.

Sumber: Cakrawala. Sumber Gambar: Presentasi Data Center Indraprasta (Didi Satiadi)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL