Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA HADIR DALAM INDONESIA BUSINESS AND DEVELOPMENT EXPO 2017
Penulis Berita : • Fotografer : • 23 Sep 2017 • Dibaca : 811 x ,

Pusat Sains dan Teknologi (PSTA) LAPAN bersama Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) hadir dalam Indonesia Business and Development Expo 2017 yang setiap tahun di gelar oleh Kementerian BUMN.  Kegiatan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 20-23 September 2017. 

Pameran yang menjadi agenda tahunan Kementerian BUMN ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo. PSTA LAPAN menampilkan produk unggulan Decision Support System untuk Sistem Embaran Maritim (DSS SEMAR).  Sistem ini sudah mengintegrasikan hasil penelitian dan pengembangan dari LAPAN yaitu informasi cuaca dan lautan, Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), posisi kapal dengan sensor Automatic Identification System (AIS) dari satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Berdasarkan informasi ZPPI, nelayan dapat menangkap ikan dan tidak lagi mencari ikan dengan dilengkapi informasi kondisi cuaca dan gelombang laut yang aman untuk menangkap ikan serta data AIS yang memberikan informasi posisi dan pergerakan kapal.

Selain pameran juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman dan kerjasama antar BUMN ataupun dengan instansi pemerintah.   Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara LAPAN dengan PT. INTI tentang Hilirisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa. LAPAN diwaklili oleh Sekretaris Utama IL. Arisdiyo  dan PT. INTI oleh Direktur Utama Darman Mappangara disaksikan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno.

Setelah dilakukan penandatanganan dilanjutkan sambutan dari Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno. Harry berharap industri strategis semakin maju.  Perlu kerja keras dan sinergi antar BUMN strategis dan instansi pemerintah lainnya demi kemajuan teknologi dan tidak kerja sendiri-sendiri serta bangga dengan hasil buatan sendiri.

(Tim Diseminasi PSTA LAPAN)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL