Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Evaluasi Triwulan I Tahun 2017 : Transparansi Riset Desain PSTA dalam Perwujudan Quick Wins LAPAN 2017
Penulis Berita : • Fotografer : • 24 Apr 2017 • Dibaca : 669 x ,

Bandung (PSTA), Senin-Selasa (10-11/04/2017), seluruh pegawai Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN melaksankan evaluasi triwulan (3 bulanan) pertama tahun 2017. Seperti evaluasi pada tahun sebelumnya, evaluasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sains Atmosfer dan dipimpin oleh moderator dari peneliti PSTA, Rosida dan dilanjutkan pemaparan Kepala PSTA, Halimurrahman. Dalam paparannya, Kepala PSTA menyampaikan beberapa tujuan dilaksanakannya evaluasi triwulan ke-I ini, yaitu mengingatkan tupoksi, visi dan misi PSTA kepada seluruh pegawai dalam perwujudan quick wins LAPAN 2017.

Quick wins LAPAN seperti yang telah diberitakan sebelumnya merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka memberikan dampak positif jangka pendek yang dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai outcome dari langkah-langkah Reformasi Birokrasi yang dilakukan LAPAN, yang terdiri dari:

  1. Sistem pemantauan maritim berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa
  2. Sistem informasi pemantauan kebencanaan IPTEK Penerbangan dan Antariksa.

Dengan adanya Quick wins tersebut, bidang Program dan Fasilitas (PDF) menyampaikan laporan terkait sistem pendukung keputusan (DSS) PSTA yang mendukung sistem pemtauan maritime (SEMAR), dan yang mendukung sistem informasi pemantauan kebencanaan (SADEWA, SRIKANDI, san SANTANU). Disampaikan pula oleh Kepala Bidang PDF terkait penggunaan fasilitas laboratorium, hasil publikasi para peneliti, perekayasa, dan litkayasa PSTA, serta rencana penggunaan intranet dan virtual office PSTA LAPAN.

Laporan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi terkait indikator kinerja utama (IKU) PSTA 2017 beserta kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh bidang Diseminasi. Kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh bidang Diseminasi diantaranya Seminar Nasional Sains Atmosfer (SNSA), Open House Perayaan Hari Bumi (Paracita Atmaloka), Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT), Focus Group Discussion (FGD), bimbingan teknis (Bimtek), kunjungan, perjanjian kerjasama, Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau bimbingan tugas akhir siswa dan mahasiswa, serta publikasi dalam website PSTA (berita PSTA, PSTA dalam media, variabilitas iklim, dsb).

Setelah laporan bidang PDF dan Diseminasi, pada evaluasi hari pertama ini disampaikan juga presentasi Kelompok Penelitian (Poklit) Lingkungan Atmosfer terkait penelitian kimia atmosfer dan gas rumah kaca (GRK) di Indonesia untuk mendukung DSS-lingkungan atmosfer (SRIKANDI), penelitian kualitas udara dan polusi udara. di Indonesia untuk mendukung DSS SRIKANDI, dan pengembangan DSS SRIKANDI.

Poklit selanjutnya yang menyampaikan laporan adalah Poklit Potensi Bencana Hidrometeorologi terkait penelitian dinamika atmosfer global dan lokal terkait kejadian ekstrim dan bencana banjir untuk mendukung sistem prediksi kebencanaan, penelitian konveksi untuk mendukung sistem prediksi kebencanaan hidrometeorologis di Indonesia, dan pengembangan DSS potensi bencana hidrometeorologis (SADEWA).

Laporan Poklit Atmosfer Maritim disampaikan terkait penelitian dinamika atmosfer dan laut di Indonesia untuk mendukung DSS atmosfer maritim (SEMAR), dilanjutkan pada hari kedua terkait pengembangan sistem prediksi musim di Indonesia untuk mendudung DSS SEMAR, dan pengembangan DSS SEMAR.

Poklit Perubahan Iklim menyampaikan hasil penelitiannya terkait kajian dampak perubahan iklim di kawasan perkotaan untuk mendukung pembangunan green cities di Indonesia, kajian dampak perubahan iklim pada ketersediaan air dan ketahan pangan di Indonesia, dan pengembangan sistem informasi perubahan iklim benua maritim Indonesia.

Poklit Teknologi Atmosfer sebagai poklit baru melaporkan hasil penelitian terkait pengembangan laboratorium terbang nasional untuk pengamatan atmosfer, pengembangan radar untuk pengamatan atmosfer (SANTANU), dan pengembangan payload roket sonda LAPAN untuk pengamatan atmosfer.

Seperti evaluasi biasanya, setelah laporan tiap poklit PSTA dihadirkan pula Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Kototabang-Agam untuk melaporkan hasil kerja balai dalam pengamatan dan penelitian, seperti data – data yang dihasilkan dari AWS, EAR, ORG, XBAND, Radio Sonda, dsb. Disampaikan pula sosialisasi, bimbingan teknis, kunjungan, fasilitas balai, juga koordinasi terkait kerjasama dengan Jepang. Hadirnya perwakilan Balai Kototabang-Agam ini dimaksudkan agar adanya koordinasi dan kesamaan dalam penggunaan data untuk penelitian.

Laporan terakhir disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha PSTA terkait pemaparan informasi dan kegiatan bagian tata usaha PSTA-LAPAN. Dalam laporannya, dijelaskan terkait kepegawaian, keuangan, surat masuk dan keluar, kunjungan tamu, serta fasilitas PSTA selain fasilitas ruang penelitian.

Diskusi pada sesi tanya – jawab dalam evaluasi ini berjalan objektif, terbuka dan lancar. Peserta evaluasi saling memberikan respon yang baik melalui pertanyaan serta saran dan masukkan yang berguna untuk menyempurnakan hasil kegiatan penelitian. Evaluasi kembali ditutup oleh Kepala PSTA dengan harapan adanya progress penelitian dan tulisan pada evaluasi selanjutnya.

(Diseminasi PSTA LAPAN Bandung/SR)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL