Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Mahasiswa STMIK Prabumulih, Sumatera Selatan Belajar Penerapan Teknologi Informasi di PSTA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Feb 2017 • Dibaca : 808 x ,

Bandung – PSTA. Rabu (8/02/2017), Sebanyak 60 mahasiwa STIMIK Prabumulih, Sumatera Selatan beserta dosen pendamping mengunjungi PSTA LAPAN untuk mempelajari penerapan teknologi informasi di PSTA LAPAN.

Kunjungan ini, seperti dijelaskan oleh dosen pembimbing, bertujuan untuk mengetahui penerapan teknologi dalam mendukung penyelenggaraan proses penelitian dan administrasi PSTA LAPAN yang selanjutnya akan dituangkan dalam bentuk laporan oleh mahasiswa.

Sebelum diberikan penjelasan terkait teknologi informasi di PSTA, Kepala Bidang Diseminasi PSTA LAPAN, Adi Witono menjelaskan profil singkat LAPAN kepada mahasiswa mulai dari tugas pokok, fungsi, struktur organisasi, kompetensi utama, tujuh program utama, sistem pendukung keputusan (Decision Support System, DSS), hingga gambaran umum sistem dan teknologi informasi terkait cuaca dan iklim yang diterapkan di PSTA.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Nani Cholianawati dari Bidang Diseminasi PSTA, fasilitas penelitian dan pengembangan yang ada di PSTA, sistem informasi berbasis web yang diterapkan PSTA terdiri dari SADEWA (Satellite-based Disaster Early Warning System), BISMA (Basis Data Atmosfer Indonesia), SEMAR (Sistem Embaran Maritim), dan SRIKANDI (Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia), yang selanjutnya akan dijelaskan lebih rinci pada ruang ASTINA (Atmospheric Science and Technology Information System).

Peserta kunjungan kemudian diajak meninjau media center yang ada di PSTA, ASTINA. Secara detail informasi yang ada di ASTINA dijelaskan oleh peneliti PSTA, Farid Lasmono. Pada ruang ASTINA terdapat beberapa sistem informasi, diantaranya ARJUNA (Atmospheric Journey Arcade, Lorong Penjelajahan Atmosfer), NAKULA (Narasi Kompetensi Utama LAPAN – PSTA), BIMA (Bimbingan Interaktif Model Atmosfer), YUDISTYRA (Yearn to Understand Issues in Science and Technology Research of The Atmosphere, Berusaha memahami isu dalam riset sains dan teknologi atmosfer), SANTANU, SRIKANDI, SEMAR dan SADEWA.

Diskusi antara mahasiswa dan pihak PSTA LAPAN berjalan dengan lancar, interaktif dan terbuka, sehingga membuka wawasan mahasiswa serta menghasilkan pemahaman yang positif terkait penerapan sistem serta teknologi informasi untuk penelitian sains dan teknologi atmosfer.

(Diseminasi PSTA LAPAN Bandung/AW)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL