Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer laksanakan Uji Coba Peluncuran Balon Atmosfer
Penulis Berita : • Fotografer : • 26 Jan 2015 • Dibaca : 2507 x ,

Bandung - PSTA. Tim peluncuran balon atmosfer Bidang Teknologi Atmosfer Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Rabu – Jum’at, 21 – 23 Januari 2015 mengawali kegiatannya di Tahun Anggaran 2015 melaksanakan uji coba peluncuran balon atmosfer di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan Pameungpeuk.

Kepala Bidang Teknologi Atmosfer, Dr. Laras Tursilowati, M.Si. menyampaikan bahwa “Kegiatan uji coba peluncuran balon saat ini adalah dalam rangka pelaksanaan kerjasama antara Lapan dan JAXA yaitu peluncuran balon untuk pengukuran CO2. Selain itu, uji coba ini merupakan rangkaian kegiatan sebagai persiapan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT) yang akan dilaksanakan tahun ini. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba kamera, pemutusan tali balon, dan pemecah balon” Ujar Laras.

Tim peluncuran balon atmosfer yang berjumlah 9 orang merupakan para Peneliti, Perekayasa, dan Teknisi Litkayasa yang ahli dibidangnya. Kegiatan dimulai sekitar pukul 06.00 pagi, hal ini dilakukan mengingat kondisi angin saat itu masih bertiup sedang sehingga tidak menghambat proses peluncuran balon.

Kepala Balai Produksi dan Pengujian Roket, Taufiq Kurochman, A.Md. menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh tim peluncuran balon atmosfer, “Kami disini siap membantu segala kebutuhan yang diperlukan guna mendukung kelancaran kegiatan uji coba yang dilakukan teman-teman, mudah-mudahan uji coba ini berjalan lancar seperti yang diharapkan” ujar Taufik.

Dalam pelaksanaan uji coba tersebut Tim peluncuran balon telah sukses melakukan uji coba pengukuran CO2 dan pemecah balon dan mencatat beberapa point penting sebagai masukan dan evaluasi untuk pelaksanaan penelitian dan pengembangan pada peluncuran balon atmosfer berikutnya. Disela-sela kegiatan, Kepala Bidang Teknologi Atmosfer melaksanakan koordinasi teknis dengan Kepala Balai Produksi dan Pengujian Roket dalam mempersiapkan kegiatan KOMBAT yang meliputi survey lokasi serta tinjauan sarana dan prasarana yang akan diperlukan pada pelaksanaan KOMBAT. (Humas PSTA: Emge/Dirman)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL