Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA Persiapkan Campaign Balon Stratosfer di Biak
Penulis Berita : • Fotografer : • 09 Jan 2015 • Dibaca : 2096 x ,

Bandung – PSTA . Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melalui Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) akan menyelenggarakan campaign dengan JAXA Jepang, yaitu melaksanakan penelitian komposisi atmosfer dengan menggunakan balon stratosfer. Kegiatan campaign ini akan dilaksanakan di Balai Penjejakan dan Kendali Wahana Antariksa – Biak, selama 3 minggu, rencananya mulai tanggal 5 Februari 2015.

Untuk menyiapkan segala hal terkait campaign tersebut, PSTA hari Jum’at (9/1/2015) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dengan pihak terkait. Rakor dipimpin Pelakhar Kepala PSTA, Waluyo Eko Cahyono, dihadiri oleh para Kepala Bidang PSTA dan peneliti yang akan terlibat di campaign. Kemudian hadir Kepala Balai Penjejakan dan Kendali Wahana Antariksa - Biak, Muji Sujarwo yang akan menjadi tuan rumah campaign serta Kepala Balai Pengamat Dirgantara Watukosek, Bambang Suhandi.

Dalam rakor tersebut secara intensif dibahas tentang segala hal yang berhubungan dengan kegiatan campaign nanti, mulai jumlah dan kualifikasi SDM, peralatan pendukung, biaya, perijinan (NOTAM) dan teknis operasional di lapangan. Dalam forum tersebut, Muji Sujarwo melaporkan tahapan koordinasi lapangan yang telah dilaksanakan di Biak baik dengan perangkat pemerintah sipil, militer dan kepolisian.

Mengingat waktu pelaksanaan semakin dekat, forum rakor sepakat menindaklanjuti semua hasil rakor ini dengan berbagai pihak dengan cepat dan tepat. Diharapkan campaign ini dapat memberi wawasan dan pengalaman bagi para peneliti mengenai teknik pengukuran/pengamatan komposisi atmosfer dengan wahana balon stratosfer. Lebih jauh, dengan campaign ini diharapkan menimbulkan peluang atau kesempatan bagi para peneliti Lapan khususnya PSTA untuk penelitian bersama dan mendapat kesempatan belajar di Jepang. (Humas PSTA: Dirman).








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL