Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA Ikut Diseminasi Pengetahuan Sampah dan Benda Jatuh Antariksa
Penulis Berita : • Fotografer : • 04 Jun 2015 • Dibaca : 1537 x ,

Bandung – PSTA. Pada hari Kamis, (4/6/2015) Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) menyelenggarakan Diseminasi Pengetahuan Sampah dan Benda Jatuh Antariksa. Pada diseminasi ini disampaikan pelaksanaan pengamatan yang dilakukan Pussainsa. Pengetahuan tentang sampah dan benda jatuh antariksa ini sangat penting karena wilayah Indonesia yang luas sehingga berpotensi kejatuhan sampah dan benda jatuh antariksa.

Peserta diseminasi terdiri dari kalangan akademisi, TNI/POLRI, lembaga terkait yang menangani bencana serta dari sekolah menengah atas. Dalam sambutannya, Kepala Pussainsa, Clara Yono Yatini menyatakan diseminasi ini sangat penting untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat terkait potensi bencana yang bisa ditimbulkan oleh jatuhnya sampah dan benda jatuh antariksa. Masalah sampah dan benda jatuh antariksa telah diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Oleh karenanya, pelaksanaan diseminasi ini langsung tidak langsung merupakan amanat dari undang-undang tersebut.

“Maksud diseminasi ini memberikan pengetahuan, wawasan bagi peserta tentang sampah dan benda jatuh antariksa. Masalah ini semakin menarik perhatian dengan bertambahnya jumlah wahana antariksa sebagai konsekuensi eksplorasi antariksa. Yang harus diperhitungkan adalah potensi jatuh di wilayah Indonesia. Untuk itu, Pussainsa melakukan pengamatan secara terus menerus terhadap posisi dan peredaran sampah dan benda jatuh antariksa, “ papar Clara.

Pada diseminasi ini disampaikan tiga materi pokok; pertama tentang Prediksi ke depan untuk Near Earth Object (NEO) yang pernah melintas dekat bumi dan risetnya di Indonesia, disampaikan oleh Budi Dermawan (ITB); kedua, tentang Pengamatan Optik Benda Buatan dan analisis Astrometri yang Dilakukan Pussainsa, oleh Abdurrahman (Peneliti Pussainsa); dan terakhir tentang Fotometri Optik Benda Buatan yang dilakukan di Pussainsa, oleh Rhorom Priyatikanto (Peneliti Pussainsa).

 (Humas PSTA: Dirman)







Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL