Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Berhasil, Uji Coba Pemutus Payload Balon KOMBAT
Penulis Berita : • Fotografer : • 01 Jun 2015 • Dibaca : 3037 x ,

Bandung – PSTA. Salah satu instrumen penting pada rangkaian balon untuk Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (KOMBAT) adalah alat pemutus tali yang menghubungkan muatan kepada balon. Pada ketinggian tertentu rangkaian muatan harus putus dari rangkaian balon agar bisa turun kembali. Instrumen pemutus tersebut sudah lama direkayasa dan dikembangkan oleh Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) untuk wahana peluncuran muatan menggunakan balon.

Berkaitan dengan agenda KOMBAT 2015, panitia terus melakukan uji coba instrumen pemutus rangkaian payload dan peletus balon. Uji coba terakhir dilakukan pada tanggal 26 – 29 Mei 2015 di Pameungpeuk – Garut. Dipilihnya lokasi Pameungpeuk, sekalian menguji dan mengetahui kondisi alam khususnya kecepatan dan arah angin pada saat peluncuran balon.

Tim uji coba dari Bidang Teknologi Atmosfer PSTA melakukan tiga kali peluncuan balon. Peluncuran pertama dengan misi uji coba pemutus dan peletus balon. Uji coba pertama tidak berhasil memutus maupun meletuskan balon pada ketinggian tertentu yang sudah direncanakan. Dari kegagalan tersebut, Tim mengevaluasi penyebab kegagalan misi tersebut untuk dikoreksi pada uji coba berikutnya. Uji coba kedua, fokus kepada instrumen pemutus rangkaian payload balon , dan berhasil! Sedangkan peluncuran ketiga lebih bersifat eksperimental untuk teknologi pemutus dan transmit data.

Menurut Ketua Tim uji coba, Krismianto, keberhasilan instrumen ini dijadikan patokan teknis instrumen yang akan dipergunakan pada agenda KOMBAT 2015 nanti. Untuk lebih memberikan kepastian keberhasilan operasi pemutus, Tim akan terus melakukan evaluasi dan uji coba minimal di skala laboratorium.

(Humas PSTA: Dirman)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL