Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


STT Pagar Alam Lakukan Kunjungan Ilmiah ke LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 22 May 2015 • Dibaca : 1845 x ,

Bandung – PSTA. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sekarang ini sudah merambah ke segala aspek kehidupan manusia, baik untuk kepentingan pribadi, bisnis dan penyelenggaraan pemerintahan. Berbagai penyelenggaraan kegiatan yang berhubungan dengan SDM, keuangan, manajemen asset, data hasil penelitian sudah menggunakan aplikasi yang berbasis TIK. Tentu saja kesemuanya untuk menunjang pelayanan dan pekerjaan lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.

Kondisi penerapan ilmu TIK tersebut yang ingin diketahui oleh Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam (STTPA) – Sumatera Selatan. Caranya, dengan melaksanakan kunjungan ilmiah dan studi banding ke perguruan tinggi lain serta ke instansi pemerintah yang kompeten di bidangnya. Dalam rangka itulah, pada Jum’at (22/5/2015) rombongan mahasiswa Teknik Informatika dan Teknik Sipil berkunjung ke kantor LAPAN Bandung.

Dalam sambutannya, Buchori Muslim, ketua rombongan menyatakan maksud dan tujuan kunjungan ke LAPAN untuk mengetahui penerapan ilmu TI di LAPAN. Aplikasi apa sajakah yang diterapkan di LAPAN yang berbasis TI, baik yang bersifat administratif maupun teknis. Hasil dari rangkaian kunjungan ini akan dijadikan bahan evaluasi dan pengembangan bahan ajar di STTPA. Selebihnya jika memungkinkan, STTPA berharap bisa menjadi mitra kerjasama LAPAN di bidang ilmu pengetahuan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

Pada sesi paparan materi, disampaikan tentang profil LAPAN meliputi sejarah pembentukan, tugas fungsi, kompetensi serta perkembangan organisasi. Selanjutnya materi teknis yang diberikan tentang penerapan TI di LAPAN khususnya di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA). Melengkapi materi paparan, rombongan mahasiswa diajak mengunjungi media center PSTA, Atmospheric Science and Technology Information System (ASTINA) dan perangkat Basis Data Atmosfer Indonesia (BISMA) yang merupakan salah satu fasilitas penelitian berbasis TI.

(Humas PSTA: Dirman)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL