Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PSTA Berikan Bimtek Operator Peralatan Cuaca
Penulis Berita : • Fotografer : • 22 May 2015 • Dibaca : 2353 x ,

Bandung – PSTA. Tahun 2014 lalu, Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN memasang peralatan cuaca, Automatic Weather System (AWS) di wilayah Kertasari Kabupaten Bandung. Pemasangan AWS tersebut bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung. Maksud pemasangan alat tersebut untuk memonitor kondisi cuaca, khususnya hujan, di wilayah tersebut untuk antisipasi bencana alam seperti banjir dan longsor.

Untuk memaksimalkan AWS tersebut, tahun 2015 ini dilengkapi dengan perangkat komputer (PC) dan jaringan internet. Dengan demikian, data AWS Kertasarie bisa direkam, disimpan dan dikirim ke Database di PSTA LAPAN Bandung melengkapi kompilasi data cuaca dari wilayah lainnya. Seiring operasional peralatan di lapangan, banyak hal jadi kendala, diantaranya kondisi aliran listrik yang sering padam dan kemampuan teknis para operator. Seringkali ketika listrik mati, peralatan harus direset, namun kemampuan teknis operator belum menunjang sehingga operasional alat terhambat.

Kondisi demikian mengarah pada tuntutan perlu diberikan bimbingan teknis (bimtek) bagi operator AWS di Kertasari. Permintaan disampaikan pada acara Diseminasi Hasil Litbang PSTA di Kabupaten Bandung tahun 2014 lalu. Masalah di lapangan dan tuntutan kebutuhan bimtek tersebut direspon baik oleh PSTA. Pada hari Jum’at (22/5/2015) PSTA melalui Bidang Pemodelan Atmosfer (BPA) menyelenggarakan bimtek kepada 3 orang operator AWS Kertasari.

Materi bimtek yang diberikan, intinya tentang tata operasional Sistem Peringatan Dini Bencana Berbasis Satelit (SADEWA) dan AWS. Bimtek dipimpin langsung oleh Kepala Bidang BPA, Didi Satiadi dengan instruktur para peneliti BPA, Suaydhi dan Aisya Nafiisyanti. Materi ajar bimtek diantaranya meliputi; otomatisasi transfer data AWS ke web; penjelasan tentang hardware/software serta cara kerja AWS; penanggulangan jika terjadi gangguan kepada peralatan, pengiriman data , dan lain-lain. Dengan bimtek ini, diharapkan para operator paham dan mampu mengoperasikan alat serta bisa menanggulangi jika ada permasalahan, ungkap Didi.

(Humas PSTA: Dirman)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL