Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


LAPAN Turut Uji Publik RUU E-Government
Penulis Berita : • Fotografer : • 20 May 2015 • Dibaca : 3125 x ,

Bandung – PSTA. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mempengaruhi sistem administrasi pemerintahan dan layanan publik di Indonesia. Hal ini mulai tumbuh dan berkembang sejak dekade tahun 1990 an, seiring meluasnya penggunaan jaringan internet. Sejak itu mulai dipergunakan berbagai aplikasi sistem elektronik pelaksanaan administrasi pemerintahan dan layanan publik (e-government). Selain sisi manfaat efisiensi dan efektivitas, disisi lain muncul masalah yang berhubungan dengan aspek legalitas, infrastruktur dan social politik. Dengan kata lain, perlu ada pengaturan (undang-undang) untuk penyelenggaraan e-government ini.

Demikian yang menjadi pokok latar belakang diselenggarakannya Lokakarya Uji Naskah Akademik Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik Pemerintahan dan Layanan Publik (e-government), Selasa (19/5) di Park Hotel Bandung. Penggagas dan pelaksana lokakarya e-government ini adalah Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB). Selain di Bandung, lokakarya serupa dilaksanakan di Palembang, Kupang dan Kendari.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), menjadi salah satu instansi yang diundang dan hadir pada lokakarya tersebut. Maksud dilaksanakannya lokakarya ini adalah untuk menampung masukan, saran sekaligus uji publik terhadap naskah akademik RUU e-government. Dalam forum tersebut, seperti peserta lainnya, LAPAN memberikan masukan dan tanggapan terhadap naskah akademik RUU e-government tersebut.

Forum lokakarya RUU e-government di Bandung ini menyepakati bahwa RUU e-government terus diproses sesuai prosedur dan tahapan pembentukan peraturan perundang-undangan. Hasil lokakarya di empat kota akan dikompilasi menjadi bahan masukan kepada tim penyusun undang-undang Kemenpan & RB beserta stakeholder terkait. Diharapkan hasil uji publik ini menjadi fondasi awal yang positif bagi pelaksanaan dan tatanan penyelenggaraan e-government.

(Humas PSTA: Dirman)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443


© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL