Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Laboratorium

1. Laboratorium Komputasi

Laboratorium ini merupakan salah satu fasilitas penelitian dan pengembangan yang terdapat di Bidang Pemodelan Atmosfer. Di dalamnya terdapat cluster High Performance Computation (HPS) untuk memodelkan kondisi atmosfer yang menggunakan sistem pemodelan Weather Research Forecast (WRF) dan CCAM. Selain itu, masih terdapat beberapa sistem model atmosfer yang digunakan untuk kegiatan litbang.

Cluster High Performance Computing

Selain untuk mendukung kegiatan penelitian, laboratorium ini juga berisi server yang berfungsi untuk menyokong kegiatan operasional yang telah berjalan otomatis setiap hari, yaitu Prediksi Cuaca Harian SADEWA (Satellite Early Warning System). Server tersebut secara langsung terhubung dengan cluster yang mengolah data dan menghasilkan prediksi dan menampilkannya di website SADEWA.

2. Laboratorium Kimia Atmosfer

Laboratorium kimia Bidang Komposisi Atmosfer mempunyai tugas melakukan analisis kimia hujan asam meliputi pH, anion, dan kation yang terkandung di dalam sampel air hujan yang dikumpulkan dari beberapa lokasi di Bandung dan sekitarnya. Instrumen yang digunakan adalah Ion Chromatography.

Alur sampling air hujan

Pemantauan SO2 dan NO2 dengan pasif sampler

Pasif Sampler

Lab Kimia


Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL