Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Galeri Photo > Berita
PSTA Laksanakan Bimtek Pengolahan Data Atmosfer untuk Mahasiswa
Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) telah menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis online pengolahan data atmosfer berbasis satelit. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (13/11) di Auditorium Lapan Bandung. Peserta bimtek berjumlah 36 orang terdiri dari mahasiswa perguruan tinggi di Bandung dan sekitarnya: ITB, UNPAD, UPI, IPB, UNISBA, ITENAS, UNJANI, dan UIN serta peneliti di lingkungan PSTA. Kegiatan bimtek ini sangat penting dan merupakan wujud pembinaan dan pelayanan publik Lapan khususnya dalam hal pengolahan dan analisis data atmosfer. Diharapkan bimtek ini akan meningkatkan kapasitas pemahaman mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan Teknologi Atmosfer.
Sosialisasi Hasil Litbang di Kabupaten Bandung
Berawal dari kunjungan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Bandung bernama “Garda Caah” ke Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) beberapa waktu lalu, kemudian dilakukan beberapa tahapan komunikasi dan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).Disepakati akhirnya untuk diselenggarakan sosialisasi hasil litbang PSTA di Kabupaten Bandung. Sosialisasi yang terselenggara atas kerjasama PSTA dengan BPBD Kabupaten Bandung bertajuk “Sosialisasi Sistem Peringatan Bencana Banjir pada Aspek Meteorologis Berbasis Satelit dan Model Atmosfer di Kabupaten Bandung”. Tiga minggu sebelum acara sosialisasi dilaksanakan Lapan telah memasang peralatan Automatic Weather System (AWS) di Kabupaten Bandung, tepatnya di Kecamatan Kertasari yang merupakan wilayah hulu Sungai Citarum. Pemasangan AWS ini untuk mengukur cuaca yang akan dijadikan salah satu patokan peringatan dini bencana khususnya banjir.
PSTA berikan bimbingan teknis aplikasi di Pasuruan
Berawal dari rapat koordinasi yang dilaksanakan Loka Stasiun Pengamat Dirgantara Watukosek pada tahun 2013, Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) memberikan bimbingan teknis (bimtek) di Kabupaten Pasuruan. Pada forum rakor tahun 2013 tadi, pihak Kabupaten Pasuruan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tertarik kepada Sistem Peringatan Dini Bencana Berbasis Satelit (SADEWA). Setelah melalui beberapa tahap koordinasi dan komunikasi antara PSTA dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan, akhirnya disepakati dilaksanakannya bimtek ini pada hari Kamis (23/10/2014) bertempat di Kantor Dinas Cipta Karya Kabupaten Pasuruan.

Kontak kami :
PSTA - LAPAN
Jl. Dr. Djunjunan No. 133 Bandung 40173 Telepon (022) 6012602, 6037445 Fax. (022) 6014998, 6037443



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL